Pastor Senior Vatikan Ditangkap Akibat Pelecehan Anak

Pastor Senior Vatikan Ditangkap Akibat Pelecehan Anak

Josef Wesolowski (Foto: Net)

Vatikan – Josef Wesolowski, mantan duta besar Vatikan untuk Republik Dominika yang juga pastor senior  di Vatikan, ditangkap petugas otorita negara tersebut, karena diduga telah melakukan pelecehan anak. Josef pun kini berada dalam tahanan rumah di Vatikan.

Penangkapan atas Josef dilakukan atas perintah langsung dari Paus Fransiskus. Penangkapan terhadap Josef ini, juga menjadi kasus pastor senior pertama yang ditangkap di Vatikan. Sebelumnya kasus semacam ini belum pernah terjadi.

Sementara itu, juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, mengungkapkan, pengadilan kriminal Tahta Suci sudah membuka pengadilan awal dalam kasus Jozef Wesolowski,  Selasa (23/09/2014).

Sebagai dampak dari kasus yang dialaminya tersebut, pada awal tahun ini Wesolowski sudah dipecat sebagai uskup . Sebab  dituduh membayar untuk hubungan seks dengan anak-anak ketika bertugas di Republik Dominika.

Selain di Vatikan, kasus yang menjerat Josef  juga ditangani  aparat penegak hukum di Republik Dominika namun masih belum ada dakwaan resmi yang diajukan padanya. (AY)

.

Categories:Internasional,