Tersandung Narkoba, Putra Jackie Chan Diadili

Tersandung Narkoba, Putra Jackie Chan Diadili

Jaycee Chan, anak dari bintang film kung fu Jackie Chan.(Foto-Net)

Beijing - Jaycee Chan, anak dari bintang film kung fu Jackie Chan, akan diadili pada Jumat mendatang, untuk kasus penyalahgunaan narkoba. Ini merupakan kasus terbaru dalam serangkaian kasus selebriti yang terlibat pelanggaran narkotika, demikian dilaporkan Legal Evening News, Selasa (6/1).

Sebuah laporan microblog dari surat kabar semi-resmi, Legal Evening News mengatakan putra aktor dan penyanyi berusia 32 tahun itu akan diadili di Pengadilan Distrik Timur di Beijing, untuk kasus yang akan diawasi ketat oleh masyarakat Tiongkok.

Jaycee Chan resmi didakwa bulan lalu dengan tuduhan "kejahatan melindungi orang lain dalam penyalahgunaan narkoba" setelah menjalani tes dan terbukti positif menggunakan ganja. Polisi mengatakan telah menemukan 100 gram ganja di rumahnya. Namun, panggilan untuk menghadap ke Pengadilan Distrik Timur tidak ditanggapi.

Jaycee Chan adalah salah satu dari sebagian besar selebriti daftar-B yang ditahan tahun lalu oleh pihak berwenang di Tiongkok atas tuduhan penyalahgunaan narkoba, yang telah dipublikasikan secara luas di media negara dan sosial. 

Kasus narkoba di kalangan selebriti di Tiongkok juga melibatkan bintang film dan televisi, sutradara film, serta penulis skenario populer.

Penahanan terhadap sederetan selebiriti itu dilakukan di tengah kampanye Departemen Keamanan Publik Tiongkok untuk menindak tegas kasus penyelahgunaan narkoba, perjudian dan prostitusi.

Ada kemungkinan besar, Jaycee Chan akan dinyatakan bersalah karena tuntutan hukum cenderung pasti di pengadilan Tiongkok, yang dikendalikan oleh Partai Komunis yang berkuasa.

Tindak penyalahgunaan dan pengedaran narkoba mendapatkan hukuman yang keras di Tiongkok, termasuk hukuman mati atau penjara seumur hidup untuk kasus-kasus serius.

Obat ilegal, terutama zat sintetis seperti sabu, ketamin dan ekstasi, telah berkembang dalam kalangan popular di Tiongkok seiring dengan munculnya masyarakat kelas metropolitan baru dengan pendapatan yang lebih besar.

Bulan lalu, media resmi pemerintah melaporkan bahwa Jackie Chan merasa malu atas kasus penyalahgunaan narkoba anaknya dan berharap bahwa suatu hari ia akan dapat berbicara tentang bahaya mengkonsumsi narkoba. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:narkoba,