Mantan Gubernur Virginia AS dan Istri Ditahan

Mantan Gubernur Virginia AS dan Istri Ditahan

Robert McDonnell bersama istrinya Maureen.(Foto:Net)

Virginia-Mantan Gubernur negara bagian Virginia, Robert McDonnell yang berusia 60 tahun, sebelumnya merupakan tokoh Partai Republik yang sangat populer dan pernah disebut-sebut akan menjadi kandidat presiden atau wakil presiden Amerika.
Tetapi hal itu berubah dengan cepat setelah masa jabatannya sebagai gubernur Virginia secara resmi berakhir awal tahun lalu dan dalam waktu beberapa hari ia dituntut di pengadilan – bersama istrinya Maureen.
 
Setelah pengadilan yang berlangsung cukup lama, bulan September lalu keduanya dinyatakan terbukti bersalah menerima hadiah dan pinjaman bernilai 177 ribu dolar dari seorang pebisnis – Jonnie Williams – yang sedang berupaya memperkenalkan manfaat makanan tambahan atau dietary supplement pada para pejabat.
 
Kuasa hukum McDonnell berupaya agar mantan gubernur ini hanya dihukum kerja bakti selama enam ribu jam, tanpa dikenai hukuman penjara. Di Richmond – ibukota Virginia – McDonnell mengatakan kepada hakim federal James Spencer bahwa “ia sangat sedih dan malu”.
 
Hakim Spencer mengatakan ia terharu dengan begitu besarnya dukungan bagi McDonnell dan seruan untuk meringankan hukumannya, karena McDonnell dapat menghadapi hukuman lebih dari 10 tahun di penjara federal.
Namun hakim itu mengatakan “sanksi harus dijatuhkan. Tidak seperti Pontius Pilatus, saya tidak bisa menutup mata atas apa yang telah terjadi. Hukuman harus dijatuhkan” katanya seperti yang dilansir VOA. (Ode)**
.

Categories:Internasional,