Jabar Harus Tetap Perhatikan Alam dan Lingkungan

Jabar Harus Tetap Perhatikan Alam dan Lingkungan

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan Jabar berkomitmen mengembangkan potensi yang ada, tapi tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dalam memanfaatkannya.(Foto:Ade)

Bandung - Jawa Barat memiliki begitu banyak sumber daya energi dan alam melimpah, yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan hajat hidup orang banyak. Namun, dalam pemanfaatannya Jawa Barat harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.
 
Dengan luas daratan lebih dari 3,7 juta ha lebih, alam Jawa Barat memiliki hampir semua atau 40 jenis sumber energi tambang yang ada di Indonesia. Ini penting sebagai pendukung semua sektor pembangunan dan kehidupan, yang melibatkan sumber daya mineral dan energi.
 
Dalam Rapat Rencana Kerja 2015 Dinas Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat di Kantor Dinas ESDM Jl. Soekarno-Hatta No. 576 Bandung, Rabu (7/1/2015), Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan Jabar berkomitmen mengembangkan potensi yang ada, tapi tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dalam memanfaatkannya.

"ESDM menentukan hajat hidup orang banyak, semua sektor pembangunan dan kehidupan melibatkan sumber daya mineral dan energi. Kita harus punya komitmen untuk menyelamatkan dan mengembangkan potensi yang ada, namun tetap memperhatikan hak hidup generasi yang akan datang dengan menjaga lingkungan", ungkapnya.

Wagub Jabar mengemukakan, pemenuhan energi sebagai hak dasar masyarakat harus tetap diperhatikan. Terutama bagi masyarakat yang belum terjangkau akan energi, seperti listrik, air bersih (melalui pemanfaatan air tanah), dan lainnya.

"Pemenuhan hak energi masyarakat seperti di pedesaan atau pedalaman harus tetap diperhatikan dan didorong. Ini dapat diupayakan melalui opini yang memadai dan mendukung program-program yang ada", jelasnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,