169 Kejadian Kebakaran di Bandung pada 2014

169 Kejadian Kebakaran di Bandung pada 2014

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bandung menyatakan sepanjang tahun 2014 terjadi 169 peristiwa kebakaran di Kota Bandung, Jawa Barat.
 
"Jumlah ini meningkat 13 persen jika dibandingkan tahun 2013. Sepanjang tahun 2013 hanya terjadi 131 peristiwa kebakaran," kata Kepala Bidang Pemadaman Damkar Kota Bandung Yosep Heryansyah, di Bandung, Rabu (7/1/2015).
 
Ia mengatakan, pada tahun 2014 peristiwa kebakaran di Kota Bandung paling sering terjadi pada bulan Agustus hingga September.
 
Pada Bulan September tersebut, lanjut dia, terjadi 35 kasus atau peristiwa kebakaran.
 
"Bahkan di bulan September tersebut dalam satu harinya bisa terjadi lima kasus kebakaran. Dan di satu tempat bisa dua kali terjadi kebakaran," kata Yosep.
 
Lebih lanjut pihaknya mengatakan 90 persen penyebab kebakaran terjadi karena faktor hubungan arus pendek listrik.
 
"Tapi, khusus di Bulan September selain karena faktor korsleting listrik. Anomali cuaca juga mempengaruhi. Saat itu suhu bisa mencapai 35 derajat Celcius," katanya.
 
Penyebab kedua kebakaran di Kota Bandung, menurut dia, adalah kebocoran regulator gas elpiji.
 
Ketika ditanyakan berapa kerugian material akibat kebakaran sepanjang 2014 di Kota Bandung, Yosep kurang mengetahuinya.
 
"Untuk kerugian materi kami tidak bisa memastikan berapa jumlah pastinya. Karena bisa saja ada satu tempat yang luasnya kecil tapi di dalamnya ada barang-barang berharga atau sebaliknya," kata dia. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bencana,