Garuda Rencana Buka Rute Batam-Banjarmasin

Garuda Rencana Buka Rute Batam-Banjarmasin

Ilustrasi.(Foto:Net)

Batam - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berencana membuka rute penerbangan baru untuk menghubungkan Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau dengan Banjarmasin Kalimantan Selatan.

"Kami masih menunggu realisasi dari maskapainya. Kemungkinan dalam waktu dekat ini," kata Plt Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Rabu (7/1/2015).

Pada 19 Desember 2014, Garuda Indonesia juga sudah membuka dua penerbangan baru dari Batam masing-maisng tujuan Surabaya dan Bandung yang dilayani satu kali setiap hari dengan Boeing 737-800 NG.

"Rute ke Banjarmasin juga akan menggunanakan pesawat sejenis. Direncanakan juga akan diterbangi setiap hari seperti dua rute baru sebelumnya," kata dia.

Saat ini, kata dia, Garuda memiliki rute penerbangan rutin dari Batam ke Jakarta lima kali sehari, Batam-Bandung dan Surabaya satu kali perhari. Semua rute tersebut dilayani dengan Boeing 737-800 NG.

Garuda juga melayani penerbangan Batam-Medan dan Batam-Bandar Lampung masing-masing satu kali sehari dengan pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen dengan kapasitas 96 penumpang. 

Sebelumnya Garuda Indonesia juga melayani penerbangan Batam-Pekanbaru dengan pesawat Bombardier namun akhirnya ditutup pada awal 2014 saat Riau diselimuti kabut tebal.

"Kami harap ini segera terealisasi agar penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam semakin ramai," kata Suwarso.

Selain Garuda Indonesia, pada awal 2015 ini Lion Air sudah merencanakan untuk menambah frekuensi penerbangan dari Batam ke Medan, Batam ke Surabaya masing-masing ditambah satu kali setiap hari.

Maskapai yang sempat terbang hingga 2006, Jatayu Air juga berencana membuka penerbangan dari Batam dengan nama New Jatayu Air dengan tujuan Jakarta, Palembang, Bandung, Medan. Maskapai tersebut sudah menyiapkan satu pesawat di Hang Nadim.

"Pada 2015 kami menargetkan jumlah penumpang penerbangan tumbuh 22 persen dari total 2014 sekitar 4,8 juta penumpang. Sementara jumlah penerbangan tumbuh 10 persen dari 2014 yang mencapai 116 kali per hari," kata dia. (Ode)**

.

Categories:Nasional,
Tags:wisata,