Nigeria Klaim Tewaskan Pemimpin Boko Haram

Nigeria  Klaim Tewaskan Pemimpin Boko Haram

Nigeria Klaim Tewaskan Pemimpin Boko Haram (Foto:: Net)

Abuja – Kantor berita AFP, Kamis (25/09/2014) melaporkan, militer Nigeria mengaku telah menewaskan seorang militan yang menyamar sebagai pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau. Hal ini merupakan pertama kali disampaikan militer Nigeria ke publik, setelah sebelumnya sumber menyebut Shekau telah tewas sejak lama.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Nigeria, Chris Olukolade menuturkan bahwa seorang anggota militan yang berjanggut lebat dan diidentifikasi sebagai Mohammed Bashir tewas dalam pertempuran dengan militer Nigeria di Konduga, Borno. "Bashir selama ini bertindak atau berpose, dalam sejumlah video, sebagai mendiang Abubakar Shekau, karakter eksentrik yang dikenal sebagai pemimpin kelompok (Boko Haram)," sebut Olukolade kepada wartawan di Abuja.

Militer Nigeria menunjukkan sebuah tayangan dari cuplikan video amatir yang menunjukkan pertempuran di Konduga. Terlihat sejumlah jasad tergeletak di jalanan.

Pengumuman ini merupakan pertama kalinya militer Nigeria mengungkapkan kepada publik bahwa Shekau telah tewas. Sebelumnya ada dua klaim yang disampaikan sumber militer bahwa Sheakau tewas pada Juli 2009 dan akhir Juni 2013. (AY)

.

Categories:Internasional,