Boko Haram Bunuh Puluhan Orang dan Bakar Rumah

Boko Haram Bunuh Puluhan Orang dan Bakar Rumah

Gerilyawan Boko Haram.(Foto:Net)

Bauchi - Gerilyawan Boko Haram menewaskan puluhan orang dan membakar rumah-rumah di kota timur laut Nigeria Baga dalam dua hari terakhir, dalam pembunuhan membabibuta kedua sejak merebut kendali di sana pada akhir pekan, kata beberapa saksi mata Jumat (9/1/2015).
 
Dua penduduk setempat mengatakan, para pemberontak mulai menembak tanpa pandang bulu dan membakar bangunan-bangunan pada Selasa malam dalam serangan terhadap penduduk sipil Rabu.
 
Tentara telah melarikan diri selama akhir pekan ketika kelompok gerilyawan Sunni menyerbu sebuah pangkalan militer terdekat.
 
Setidaknya 100 orang tewas ketika gerilyawan pertama mengambil alih kota di tepi Danau Chad, kata Bupati Abba Hassan Kamis.
 
"Saya melarikan diri dengan keluarga saya di mobil setelah melihat bagaimana Boko Haram membunuh orang ... saya melihat mayat di jalan-jalan. Anak-anak dan perempuan, ada yang menangis minta tolong," kata Mohamed Bukar kepada Reuters setelah melarikan diri ke ibu kota negara bagian Borno Maiduguri.
 
Para militan telah melancarkan pemberontakan untuk mendirikan satu Negara Islam (IS) di timur laut negara itu selama lima tahun.
 
Jumlah dan skala serangan meningkat tajam tahun lalu, setelah pemerintah memberlakukan keadaan darurat di tiga negara paling parah.
 
Tayangan televisi Reuters menunjukkan sejumlah warga sipil menunggu di jalan-jalan berpasir di pinggiran Baga untuk mencegat bus dari kota.
 
Banyak membawa beberapa barang yang mereka diselamatkan, seperti tas pakaian dan menggulung kasur.
 
Boko Haram telah mengambil alih wilayah luas yang tak terjangkau pemerintah di timur laut, terutama negara bagian Borno.(AY)
.

Categories:Internasional,