Pemerintah Arab Saudi Tetapkan Wukuf di Arafah Jumat 3 Oktober 2014

Pemerintah Arab Saudi Tetapkan Wukuf di Arafah Jumat 3 Oktober 2014

Jemaah Haji Melakukan Wukuf Di Arafah (Foto: Net)

Madinah –Haji tahun 2014 tahun ini disebut sebagai haji akbar, karena hari wukufnya jatuh pada Jumat 3 Oktober 2014. Pemerintah Arab Saudi sendiri memang telah menetapkan hari wukuf yang akan jatuh hari Jumat tanggal  3 Oktober 2014.

Informasi terkait hal ini dibenarkan  Kasubdit Pembinaan Syariat dan Hisab Rukyah Kemenag RI, Ahmad Izzuddin, dalam konferensi pers di Kantor Misi Haji Indonesia Daker Madinah, Rabu (24/09/2014).

Menurut Ahmad, pihaknya baru saja mendapatkan informasi dari Kepala Pusat Observatorium King Abdul Aziz tentang penetapan 1 dzulhijah, bahwa hasil pengamatan tim di Arab Saudi ada beberapa tempat melihat hilal. Arab Saudi menetapkan bahwa tanggal 25 September sudah masuk 1 zulhijah. Sehingga konsekuensinya 9 zulhijah jatuh di Hari Jumat. Tradisi di Arab Saudi ketika wukuf jatuh di hari Jumat maka akan terjadi haji akbar.

Di mana rakyat Arab Saudi tak ingin ketinggalan melaksanakan ibadah haji. Jumlah jamaah haji pun diprediksi akan membludak. "Ini menjadi tradisi haji Akbar. Haji akbar terakhir pada tahun 2006," katanya.Kemenag telah menetapkan hari raya Idul Adha jatuh pada 5 Oktober. Sehingga puasa sunnah Arofah di Indonesia jatuh pada Sabtu tanggal 4 Oktober. Sementara keputusan ormas Muhammadiyah yakni hari raya Idul Adha jatuh pada 4 Oktober sehingga puasa Arofah bersamaan dengan di Arab Saudi. (AY)

.

Categories:Nasional,