Kabut Asap Juga Sergap Wilayah Palangkaraya

Kabut Asap Juga Sergap Wilayah Palangkaraya

Kabut Asap Juga Sergap Wilayah Palangkaraya (Foto: Net)

Palangkaraya – Selain menyerang beberapa kota di wilayah Sumatera, kabut asap juga terjadi di tiga kabupaten di sekitar Kota Palangkaraya, yakni Pulang Pisau, Katingan, dan Kapuas. Di Pulang Pisau tercatat sebanyak 26 titik panas, di Katingan sebanyak 25 titik, dan Kapuas sebanyak 30 titik panas.

Sedangkan di Palangkaraya tercatat sebanyak 19 titik panas. “Kemarin hingga malam, ada 187 titik panas, karena angin tenggara jadi dari ‘Pulpis’, Kapuas asapnya ke sini, selain kebakaran yang di sini sendiri,” kata staf bidang operasi tim pemadam kebakaran hutan dan lahan, Yusuf Trismanto, Rabu (24/09/2014).

Di Palangkaraya, tim yang beranggotakan BNPB, BPBD, BKSDA, TNI/Polri, dan relawan pemadam kebakaran swakarsa telah membentuk tiga posko, yakni posko induk di kompleks kantor gubernur, dua posko lapangan di Kelurahan Kalampangan dan di Kecamatan Jekan Raya. 

Tak hanya di dalam negeri, kabut asap juga menyergap negara tetangga Malaysia dan Singapura. Karena itu, untuk mencegah masalah kembali terulang, langkah penting diambil pemerintah Malaysia dan Indonesia. 

Kedua negara itu saat ini tengah menyusun nota kesepahaman terkait ambang batas asap. Keterangan tersebut disampaikan Menteri Lingkungan Hidup Malaysia, Datuk Seri G. Palanivel. “Kabut di Malaysia kebanyakan datang dari Sumatera,” sebut Palanivel, seperti dikutip dari The Star. (AY)

.

Categories:Nasional,