Bea Cukai Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Sabu Senilai Rp 12 Miliar

Bea Cukai Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Sabu Senilai Rp 12 Miliar

Okto Irianto, (kanan) Menunjukan Barang Bukti Serta Pelaku Penyelundupan Narkoba Jenis Sabu. (Foto: Net)

Jakarta - Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Bandara Soekarno-Hatta, Okto Irianto mengatakan, petugas bea cukai bandara berhasil mengamankan 8.943 kilogram sabu jenis methamphetamine.

Menurut Okto, penyitaan terhadap barang bukti sebanyak itu berasal dari 5 kasus yang diungkap petugas di Bandara Soekarno Hatta. “Kalau dirupiahkan diperkirakan sabu seberat 8.943 kilogram ini senilai Rp 12 miliar lebih,” ungkapnya.

Berdasarkan undang-undang, penyelundupan narkotika golongan I ke Indonesia adalah pelanggaran pidana sesuai pasal 113 ayat 1 dan 2 Undang Undang No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Ancaman pidananya paling lama 15 tahun penjara dan pidana denda paling banyak Rp. 10 miliar. Jika barang bukti beratnya melebihi 5 gram, pelaku terancam hukuman mati, pidana seumur hidup, atau penjara paling lama 20 tahun dan denda maksimum Rp10 miliar.

Pada kesempatan itu, Okto mengatakan, pengungkapan 5 kasus itu dimulai sejak 5 September hingga Sabtu 13 September 2014. Semuanya terjadi di wilayah Bandara Soekarno-Hatta. Ada dari hasil kerjasama dengan kepolisian dan BNN, ada 14 orang yang diamankan dari 5 kasus tersebut. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,