GIM akan Direvitalisasi

GIM akan Direvitalisasi

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Balai Kepengelolaan Kepurbakalaan, Sejarah dan Nilai Tradisi akan merevitalisasi gedung "Landaad" atau yang sekarang menjadi Gedung Indonesia Menggugat (GIM) di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Bandung.
 
"Gedung Landraad atau GIM ini akan direvitalisasi, gedung itu memiliki nilai sejarah dimana Ir Sukarno melakukan pembelaan di pengadilan kolonial, Landraad, yang dikenal dengan Indonesia Menggugat," kata Kepala Balai Kepengelolaan Kepurbakalaan, Sejarah dan Nilai Tradisi Agus E Hanafiah saat meninjau Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jumat (9/1/2015).
 
Menurut dia, revitalisasi bangunan itu merupakan bagian dari rangkaian revitalisasi gedung peninggalan perjuangan Ir Soekarno lainnya seperti Gedung Merdeka dan Lapas Banceuy. Gedung Indonesia Menggugat juga strukur dan unitnya termasuk berada di Balai Pengelolaan Kepurbakalaan Sejarah dan Nilai Tradisi.
 
"Kami datang kesini untuk menyampaikan ketentuan tersebut serta menyamakan persepsi," katanya.
 
Ia menyebutkan ada tiga dimensi aset sesuai Pergub aset ini berada di Disparbud Jabar, manajemen bangunan struktrur harus jelas dan dikelola , serta kegiatan harus dinamis dan tidak mengalami kemunduran.
 
"Nanti kami akan bekerja sama dengan pihak kompeten, terutama yang terlibat langsung disini dan sepakat menjadikannya ruang budaya," katanya.
 
Gedung Indonesia Menggugat memiliki konten sejarah, gedung yang dulunya bernama Landraad adalah cikal bakal dari kelahiran semangat perjuangan Bung Karno tentang kebangsaan dan perjuangan.
 
"Kegiatan di sini sekarang masih relevan, kedepannya akan disosialisaikan kepada masyarakat," katanya.
 
Balai itu juga memiliki tugas merefleksikan kembali bahwa ini gedung itu merupakan monumen sejarah dengan kegiatan yang merefleksikan semangat perjuangan.
 
"Kaitannya dengan pembangunan fisik akan dilakukan sesuai dengan gambaran sejarah, serta kegiatan disini bersifat positif, seperti budaya dan dijadikan ruang publik," katanya.
 
Pembenahan akan dilakukan dari mulai fasilitas dan ruang pengadilan yang akan ditambahi replika atau maket tentang sejarahnya.
 
"Gedung ini bisa menjadi paket wisata sejarah Jejak Bung Karno mulai dari Gedung Merdeka, Lapas Banceuy, GIM serta Rumah Ibu Inggit," katanya menambahkan. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,