Nesterov Pahlawan Uzbekistan

Nesterov Pahlawan Uzbekistan

Nesterov Pahlawan Uzbekistan

Sydney - Kiper Ignatiy Nesterov menjadi pahlawan bagi Uzbekistan ketika semifinalis 2011 itu mengalahkan Korea Utara (Korut) dengan skor 1-0 pada pertandingan Piala Asia yang diwarnai hujan pada Sabtu (10/1/2015).
 
Nesterov tidak banyak beraksi pada pertandingan Grup B itu, namun kewaspadaannya membuat ia mampu menahan tandukan Pak Kwang Ryong sebelum peluit panjang berbunyi.
 
Tandukan pemain terbaik di pertandingan ini Igor Sergeev pada menit ke-62 menjadi sat-satunya gol, namun Uzbekistan layak mendapatkan kemenangannya di Sydney.
 
Pemain Terbaik Asia sebanyak dua kali Server Djeparov menjadi aktor dari terciptanya gol tersebut, ketika Uzbekistan memperlihatkan bahwa mereka berpeluang melaju pada fase lanjutan Piala Asia.
 
"Saya ingin berterima kasih kepada kiper kami, itu merupakan penyelamatah hebat," kata kiper Uzbekistan Mirdjalal Kasimov. "Namun ini merupakan kemenangan keseluruhan tim, saya gembira dengan semua pemain saya." Pada babak pertama, Timur Kapadze mampu pulih dari benturan di kepalanya akibat duel dalam situasi tendnagan sudut, sebelum nyaris mencetak gol beberapa menit kemudian.
 
Gelandang itu melihat tandukannya mengarah ke kiper Korut Ri Myong Guk, yang belakangan menggagalkan peluang milik Sanjar Tursunov.
 
Penyerang Korut Pak mendapatkan peluang terbaik untuk timnya pada babak pertama namun upayanya masih melebar, dan rekan setimnya Jon Kwang Ik beruntung karena upaya penyelamatannya membuat bola melambung di atas mistar gawang.
 
Hujan turun semakin deras saat turun minum, namun hal itu tidak menghentikan Uzbekistan untuk menaikkan tempo ketika Kapadze, Vitaly Denisov, dan Djeparov memiliki peluang untuk mencetak gol.
 
Dan kapten Djeparov yang mengkreasikan gol Uzbekistan, dengan mengarahkan umpan silang bagi Sergeev, yang kemudian melepaskan sepakan melewati kiper Korut Ri yang bergerak maju.
 
Sergeev berpeluang mencetak gol kedua dari umpan silang pemain pengganti Sardor Rashidov, dan Tursunov memaksa Ri melakukan penyelamatan ketika Uzbekistan terus menekan sampai peluit panjang berbunyi.
 
Pada detik-detik terakhir, Pak akan mengamankan satu angka untuk Korut melalui tandukannya dari tendangan sudut, jika bukan refleks Nesterov untuk menggagalkan peluang tersebut.
 
"Saya benar-benar berpikir itu merupakan ketidak beruntungan, namun hasil adalah hasil," kata pelatih Korut Jo Ting Sop, ketika ditanyai mengenai penyelamatan terhadap peluang Pak.
 
"Jika kami memiliki peluang-peluang yang lebih baik dan lebih banyak menyerang daripada malam ini, kami akan memiliki peluang yang lebih baik." Hasil ini memberikan kekecewaan bagi harapan-harapan Korut untuk lolos dari fase grup untuk pertama kalinya sejak 1980, ketika mereka finis di peringkat keempat.
 
Namun Uzbekistan akan memiliki harapan-harapan untuk mencapai fase gugur untuk keempat kalinya secara beruntun, di mana pertandingan Grup B lainnya mempertemukan Tiongkok melawan Arab Saudi. (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,