Jakarta Utara Banjir, Pintu Air Pasar Ikan Siaga II

Jakarta Utara Banjir, Pintu Air Pasar Ikan Siaga II

Ilustrasi Foto.(Net)

Jakarta - Guyuran hujan deras yang melanda wilayah ibukota sejak Senin  kemarin menyebabkan volume air di Pintu Air Pasar Ikan mengalami peningkatan cukup tinggi. Berdasarkan catatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, akibat hujan deras itu ketinggian air di lokasi itu mencapai 205 cm yang berarti statusnya Siaga II.

Akibat tingginya muka air di pintu air tersebut, beberapa wilayah di bagian utara Jakarta sudah mengalami banjir. ‎"Daerah sekitar Cilincing, Kali Baru, Koja, Tanjung Priok, Kebon Bawang, Penjaringan, Ancol, Pluit, Kapuk Muara, Kamal Muara‎," kata Petugas Pusat Pengendali Operasional (Pusdalops) BPBD DKI Jakarta, Adhe, Selasa (13/1).

Menurut Adhe, ketinggian air di pintu air tersebut terjadi setiap jam. ‎"Sejak pukul 03.00 WIB, tinggi muka air hanya berada pada 180 cm atau siaga 3. Kemudian pukul 07.00 WIB muka air naik menjadi 199 cm. "Setiap satu jam pasti ada kenaikan tinggi muka air," katanya.

Pada pukul 08.00 WIB, ketinggi volume air kembali naik menjadi 205 centimeter yang berarti berada posisi siaga 2. Namun demikian, naiknya status pintu ait pasar ikan, berdasarkan pantauan BPBD berada dalam kondisi normal atau siaga 4. "Untuk wilayah terdampak Pintu Air Pasar Ikan hanya wilayah bagian utara saja," tegas Adhe.

‎Untuk pantauan cuaca hari ini, BPBD juga menginformasikan adanya peringatan dini cuaca di wilayah Jabodetabek. Adhe menyebutkan sepanjang hari ini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang di beberapa wilayah. Seperti Cengkareng, Tangerang, Pluit, Ancol, Jelambar dan Pademangan.

"Wilayah Grogol, Tomang, Kemayoran, Sawah Besar, Pasar Baru, Senen, Cempaka Putih, Tanjung Priok, Marunda, Cilincing, Kelapa Gading, Rawamangun, Pulogadung, Cakung, Pondok Kelapa, Bekasi, Pondok Cabe, Cinere, dan Depok."

Menurutnya, potensi hujan akan terjadi dari pagi hingga siang ini. "Hal itu diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 10.30 WIB dan meluas ke wilayah Kembangan, Kebon Jeruk, Tanah Abang, Gambir, Menteng, Jatinegara, Kampung Melayu, Serpong, Pamulang, Ciputat, Sawangan Parung, Cibubur, Cimanggis, Cililitan dan sekitarnya," jelas Adhe. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,