Twitter Emil Protes RUU Pilkada Melalui DPR RI

Twitter Emil Protes RUU Pilkada Melalui DPR RI

Twitter Emil Protes RUU Pilkada Melalui DPR RI

Bandung - Begitu putusan hasil voting diumumkan melalui siaran langsung di televisi, kontan pro dan kontra langsung terjadi.Keputusan sidang paripurna DPR yang memutuskan Pilkada melalui DPPD disambut kritikan dari para pengguna internet di Indonesia. 

Bahkan sempat menjadi trending topics atau topik teratas yang jadi pembicaraan pengguna jejaring sosial Twitter soal demokrasi, Jumat (26/9/2014).  

Para pengguna internet menyatakan keputusan DPR merupakan kemunduran bagi demokrasi yang telah dicapai Indonesia dan kembali ke zaman orde baru.

Walikota Bandung Ridwan Kamil dalam kicauannya, melalui akun Twitternya @ridwankamil menyebut : "Demokrasi negeri ini mengalami kemunduran. Anak cucu anda, kita semua, tidak bisa lagi memilih langsung pemimpin daerahnya."

Dia juga menyatakan dengan pilkada tidak langsung maka nasib seluruh calon pemimpin-pemimpin di daerah praktis akan diatur oleh elit-elit di Jakarta.

Ridwan juga mengatakan para walikota bupati di forum apeksi/Apkasi akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil ini tergabung dalam Forum Apeksi/Apkasi. Wajar jika dia berkicau. Apalagi semua walikota/kepala daerah saat ini adalah produk pemilihan langsung.  

Sebelumnya dalam sidang paripurna yang berlangsung alot, DPR akhirnya memutuskan Pilkada melalui DPRD melalui mekanisme voting, pada Jumat dini hari.

Sebanyak 226 suara mendukung pilkada digelar lewat DPR dan 135 suara meminta pilkada secara langsung, dengan total anggota DPR yang memberikan suara 361 orang dan tidak ada yang abstain.

Fraksi Partai Demokrat memutuskan untuk walkout, walau ada beberapa anggotanya yang memberikan suara secara individu.(Ode)**

 

.

Categories:Politik,
Tags:ridwan-kamil,