Jabar Pemasok Padi dan Beras Terbesar

Jabar Pemasok Padi dan Beras Terbesar

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Jabar selama ini menjadi pemasok padi dan beras nasional terbesar 18%. Menanggapi hal tersebut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menuturkan keadaan ini harus terus dipertahankan.

Jabar pun menargetkan 1 juta ton lebih dari 12 juta yang ada saat ini.

"Di jabar sendiri sekarang di targetkan lebih dari itu, optimisnya nambah 1 juta ton lagi dari 12 juta yang ada, target besarnya mudah-mudahan bisa sampai 2 juta ton target tambahan. Untuk Jabar, ada tambak, tringiling tambahannya," ungkapnya usai menghadiri acara Silaturahmi KSAD Dengan Forkopinda Provinsi dan kabupaten/kota dan komponen masyarakat se-Wilayah Jabar dan Banten di Graha Tirta Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (13/1/2015).

Pemerintah Provinsi Jabar telah berusaha melakukan usaha usaha pencegahan alih fungsi, seperti penetapan Perda-Perda mengenai tata ruang. Hal tersebut dilakukan agar alih fungsi tersebut bisa terselesaikan dengan baik tidak terjadi berulang-ulang.

"Untuk lahan sawah basah kan sudah ada perdanya kab/kota, itu sekaligus menjadi penjaga atau jaminan hadirnya lahan pangan  berkelanjutan. Kedua alhamdulillah pemerintah pusat ada kemudahan lewat perpres yang sudah ditandatangani Presiden jokowi," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, tidak ada lagi keterlambatan benih padi melihat fasilitas-fasilitas yang telah diberikan Pemerintah Provinsi, untuk mencetak lahan baru terutama di Jabar Selatan.

"Traktor juga kita bagikan tahun ini, pemprov menyediakan 1500 traktor dan mudah-mudahan dapat bantuan lagi dari pusat juga membantu, traktor yang lama diperbaharui secara bertahap ke depan," paparnya. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,