West Ham United Singkirkan Everton

West Ham United Singkirkan Everton

Kiper West Ham United , Adrian membuktikan dirinya menjadi penentu kemenangan.(Foto:Net)

London - Kiper West Ham United Adrian membuktikan dirinya menjadi penentu kemenangan, ketika timnya menyingkirkan Everton dengan skor 9-8 melalui adu penalti setelah tampil apik pada pertandingan ulang putaran ketiga Piala FA, Rabu (14/1/2015) WIB.
 
Enner Valencia membawa West Ham pada awal babak kedua di Upton Park, dan Everton kemudian harus kehilangan Aiden McGeady karena mendapat kartu merah, namun tendangan bebas Kevin Mirallas kemudian membuat pertandingan itu harus diteruskan ke masa perpanjangan waktu.
 
Mirallas memberi umpan kepada Romelu Lukaku untuk membawa tim tamu memimpin, namun pemain pengganti West Ham Carlton Cole mengubah skor menjadi 2-2, dan tuan rumah menjadi pemenang ketika Adrian sukses memasukkan eksekusi penalti setelah sepakan lawannya Joel Robles mengenai mistar gawang.
 
"Ini merupakan pertandingan yang tidak dapat dipercaya untuk para penggemar. Saya merasa benar-benar gembira," kata Adrian kepada BT Sport.
 
"Saya bersantai ketika saya melangkah untuk mengambil penalti. Kami mendapatkan kemenangan dan kami melaju ke putaran selanjutnya." Pasukan Sam Allardyce kini akan menghadapi lawatan di putaran keempat ke markas Bristol City, yang menang 2-0 atas sesama tim strata ketiga Doncaster Rovers berkat dua gol dari mantan penyerang Arsenal Jay Emmanuel-Thomas.
 
Valencia memecah kebuntuan saat babak kedua bergulir enam menit, ketika ia mendapatkan operan dari Andy Carroll dan menghindari John Stones, sebelum melepaskan tembakan melewati Robles.
 
Harapan-harapan tim tamu untuk dapat bangkit mendapat hantaman keras lima menit kemudian, ketika McGeady mendapatkan kartu kuning kedua akibat pelanggarannya terhadap Mark Noble.
 
Mirallas melihat upaya jarak dekatnya dapat ditahan James Tomkins, namun setelah Robles menepis tandukan James Collins di sisi lain lapangan, pemain Belgia itu mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-82.
 
Pelanggaran Collins terhadap Lukaku membuat Everton mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri area pertahanan West Ham, dan Mirallas menaklukkan Adrian dengan tembakan yang melewati dinding tiga pemain dan masuk ke tiang dekat.
 
Setelah Robles melakukan penyelamatan lain untuk menggagalkan Kevin Nolan pada menit ke-89, dua pemain internasional Belgia di Everton berkontribusi untuk membawa tim tamu memimpin pada babak pertama masa perpanjangan waktu.
 
Penghormatan terhadap Malanda Mirallas meninggalkan tiga pemain bertahan dengan berputar di sisi kiri kotak penalti dan melepaskan umpan silang untuk diteruskan Lukaku dari jarak dekat.
 
Kedua pemain merupakan teman dekat serta mantan rekan setim pemain internasional Belgia Junior Malanda, gelandang Wolfsburg yang meninggal dunia akibat kecelakaan mobil pada Sabtu, dan merayakan gol itu dengan menunjuk ke langit.
 
Allardyce bereaksi dengan memasukkan Cole dan ia mencetak gol dalam rentang waktu semenit 40 detik setelah dimasukkan, menyambar tendangan sudut Stewart Downing tujuh menit menjelang berakhirnya masa perpanjangan waktu.
 
Dengan Lukaku dan Morgan Amalfitano menyia-nyiakan peluang yang mereka miliki, pertandingan harus diteruskan dengan adu penalti.
 
Adrian menggagalkan penalti kedua Everton, bergerak ke arah kanan untuk menahan sepakan Steven Naismith, namun Downing membuang peluang untuk mendekatkan timnya menuju kemenangan ketika penalti mendatarnya dapat ditahan Robles.
 
Dalam kedudukan 8-8, Robles menjadi eksekutor, namun sepakannya menghantam mistar gawang.
 
Tugas untuk meloloskan West Ham jatuh kepada Adrian, dan setelah melepaskan sarung tangannya, ia mengecoh Robles untuk membawa tim London timur itu menuju putaran keempat untuk pertama kalinya sejak 2011.
 
"Ini mematahkan hati karena kami tampil dengan sepuluh pemain untuk kurun waktu yang lama, namun saya pikir kami merupakan tim yang lebih baik," kata pelatih Everton Roberto Martinez.
 
"Penalti-penalti itu sedikit seperti lotre, namun saya tidak dapat lebih bangga lagi." Wolverhampton Wanderers kalah adu penalti dari Fulham pada pertandingan emosional di Molineux, yang berlangsung beberapa jam setelah kematian mantan pemilik Wolves Jack Hayward.
 
Wolves unggul 3-2 pada masa perpanjangan waktu, namun Ross McCormack menyamakan kedudukan untuk Fulhan melalui penaltinya pada menit ke-120, dan tim tamu mampu menang 5-3 pada adu penalti untuk menyiapkan perjalanan ke Sunderland. (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,