Sampah Persoalan Utama Kota Bandung

Sampah Persoalan Utama Kota Bandung

ilustrasi.

Bandung - Sampah menjadi permasalahan lingkungan yang paling besar saat ini. Untuk menangani hal itu, Pemerintah Kota Bandung berusaha semaksimal mungkin menuntaskan masalah tersebut.
 
Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas BPLHD Kota Bandung, Hikmat Ginanjar kepada wartawan saat kegiatan penanaman 500 bibit pohon yang dilakukan oleh karyawan dan pihak manajemen Cafe Centropunto, Jalan Trunojoyo Kota Bandung, Rabu siang (14/1/2015).
 
"Untuk tahun ini pihak kami tengah menyusun program terkait  bagaimana pengelolaan sampah, karena yang paling besar di Kota Bandung itu masalah sampah," ucapnya.
 
Dalam hal ini, pihak BPLH telah mengusahakan infrastruktur seperti 140 kendaraan triseda pengangkut sampah, dan berbagai peralatan lainnya yang menunjang dalam menuntaskan permasalahan sampah tersebut.
 
"Rencananya tiap RW di Kota Bandung, kita kasih biodigester agar masyarakat bisa memilah sampah organik maupun anorganik, dan juga 140 kendaraan Triseda sudah kami siapkan untuk mengangkut sampah di tiap RT di Kota Bandung," jelasnya.
 
Mengenai biodigester, lebih lanjut Hikmat memaparkan, dengan pengolahan sampah melalui alat tersebut, nantinya akan berguna bagi masyarakat Kota Bandung sendiri.
 
"Sampah organik yang diolah nantinya bisa digunakan untuk pupuk, sedangkan  sampah anorganik dijadikan bank sampah," paparnya.
 
Ia menambahkan, hingga saat ini tidak ada masalah mengenai program-program lingkungan tersebut. Sebab itu, selama hak dan kewajiban masyarakat bisa berjalan, dirinya optimis program pun akan berjalan dengan lancar. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,