Kapal Singapura Temukan Badan Pesawat AirAsia

Kapal Singapura Temukan Badan Pesawat AirAsia

ilustrasi. (RZL)

Jakarta - Badan pesawat AirAsia QZ 8501 telah ditemukan oleh tim SAR gabungan. "Bagian body (badan) pesawat dengan satu sayap pesawat masih menempel ditemukan hari ini," ujar Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya (Marsdya) F Henry Bambang Soelistyo di kantor Pusat Basarnas, Jakarta, Rabu (14/1).
 
Menurutnya, yang menemukan badan pesawat itu merupakan kapal Angkatan Laut dari Singapura pada pukul 15.05 WIB.  "Lokasi badan pesawat yang ditemukan berjarak 3.000 meter dari penemuan ekor, dan 800 meter dari ditemukannya Flight Data Recorder (FDR)," ungkapnya.
 
Ia memastikan, badan pesawat yang berdimensi 30 x 10 x 3 meter tersebut merupakan badan AirAsia QZ 8501. Sebelumnya, ekor merupakan penemuan objek pesawat AirAsia yang sempat menarik perhatian pada hari ke-tujuh pencarian pesawat ini.
 
Pada operasi pencarian korban pesawat AirAsia QZ 8501 hari ke-16, tim SAR gabungan telah berhasil menemukan dan mengangkat FDR di perairan Selat Karimata, Kalimantan Tengah, Senin (12/1) pada pukul 07.11 WIB.
 
Pada hari yang sama, para penyelam tim SAR kembali menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) yang berjarak 20 meter dari lokasi penemuan FDR.
 
CVR ini baru diangkat dari dasar laut hari berikutnya, yaitu pada operasi pencarian hari ke-17, Selasa 13 Januari, hingga kemudian dibawa ke Jakarta menyusul FDR yang terlebih dahulu dipindahkan ke Ibukota untuk diinvestigasi lebih lanjut oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
 
Di saat terus mencari bagian-bagian pesawat lain, Basarnas dan tim gabungannya tetap memusatkan perhatiannya pada pelaksanaan pencarian korban, yang rencananya diubah menjadi operasi harian setelah operasi pencarian pokok dihentikan. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:kecelakaan,