Awas Ancaman Banjir di Lebak!

Awas Ancaman Banjir di Lebak!

Ilustrasi.(Foto:Net)

Lebak - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, Banten, menyebutkan banjir di daerah ini masih berpeluang karena intensitas curah hujan cenderung meningkat.

"Selama ini hujan masih berpeluang pagi, siang, sore hingga malam hari dengan kapasitas ringan dan sedang," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Rabu (14/1/2015).

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang diprediksi curah hujan di Kabupaten Lebak berpeluang hingga April 2015.

Namun, puncak curah hujan diprediksi terjadi pada pertengahan Januari dan bisa berpotensi bencana banjir dan longsor.

Saat ini, wilayah Kabupaten Lebak masuk peta bencana banjir dan longsor karena terdapat perbukitan dan pegunungan serta daerah aliran sungai.

Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan dini.

Sebab di daerah langganan bencana alam itu kerap terjadi jika hujan terus menerus.

"Kami minta warga tetap siaga dan waspada menghadapi puncak musim hujan itu," ujarnya.

Menurut dia, saat ini jumlah desa yang rawan banjir di Kabupaten Lebak tersebar di 42 desa dan longsor 44 desa di Kecamatan Wanasalam, Banjarsari, Rangkasbitung, Warunggunung, Cileles, Cibadak, Leuwidamar, Bayah, Cikulur, Cimarga, Kalanganyar, Sobang, Cibeber, Cilograng, dan Sajira.

"Kami sudah menyampaikan peringatan kepada aparat kecamatan serta desa agar mewaspadai banjir dan longsoran itu," ujar dia.

Sementara, Camat Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Agus Sudrajat, mengatakan, pihaknya meminta warga khususnya yang tinggal di daerah aliran sungai Ciujung, Ciberang dan Cisimeut jika hujan terus menerus segera mengungsi ke tempat yang aman.

Apalagi, selama sepekan terakhir ini dilanda hujan deras disertai petir dan angin kencang.

"Kami berharap dengan meningkatkan kewaspadaan itu tentu dapat menghindari korban jiwa," katanya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,