Pemkot Cimahi Dorong KB Pria

Pemkot Cimahi Dorong KB Pria

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Bandung - Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, mendorong peningkatan peserta program KB pria selain alat Keluarga Berencana wanita yang terus berjalan pada 2015 sebagai upaya menekan pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan hidup.

"KB pria sedang kita dorong terus dengan berbagai sosialisasi, melibatkan masyarakat agar partisipasinya meningkat," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Cimahi Maria Fitriani di Cimahi, Rabu (14/1/2015).

Ia menuturkan, selama ini program KB pria masih kurang partisipasinya atau jauh dari angka partisipasi perempuan peserta KB.

Disebutkan, angka partisipasi KB pria selama 2014 hanya tiga orang, atau total hingga awal 2015 hanya berjumlah 20 orang.

"Jumlahnya memang sangat sedikit tahun kemarin 2-3 orang, kalau semuanya hanya 20 oranga peserta KB pria," katanya.

Upaya mendorong partisipasi KB pria itu, kata Maria, di antaranya dengan melibatkan komunitas pria yang sudah menjadi peserta KB pria.

Ia berharap, kerja sama dengan komunitas program KB pria bertambah signifikan bersamaan dengan pogram KB perempuan sehingga upaya menekan angka pertumbuhan penduduk di Cimahi maksimal.

"Paguyuban KB Pria di Kota Cimahi ini nanti akan membantu mensosialisasikan, menginformasikan KB pria kepada pria lainnya," kata Maria.

Program KB pria itu dilakukan dengan cara dioperasi yang biayanya gratis ditanggung oleh pemerintah.

Namun program itu hanya dapat diikuti pria yang sudah memenuhi persyaratan tertentu seperti pria dengan jumlah anak minimal tiga, dan berusia diatas 40 tahun.

"Bagi mereka yang ikut KB pria akan dikasih jaminan hidup, artinya diberi uang karena tidak boleh kerja selama tiga hari setelah operasi," kata Maria. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,