Tiongkok Amankan Tiket ke Perempat Final

Tiongkok Amankan Tiket ke Perempat Final

Tiongkok Amankan Tiket ke Perempat Final

Brisbane - Tiongkok mencetak dua gol dalam rentang waktu 13 menit untuk bangkit dari ketinggalan dan menang 2-1 atas Uzbekistan di Piala Asia pada Rabu (14/1/2015), untuk mengamankan satu tiket ke perempat final.

Tiongkok memulai turnamen sebagai salah satu tim yang tidak diunggulkan untuk meraih gelar, namun setelah memenangi dua pertandingan pertama di Grup B dengan penampilan menawan, mereka kini dapat dipastikan memuncaki grup mereka dengan sisa satu pertandingan yang belum dimainkan.

Tertinggal 0-1 saat turun minum dari tim favorit, Tiongkok menyamakan kedudukan pada menit ke-55 ketika Wu Xi mencetak gol, di mana mereka kemudian berbalik unggul melalui gebrakan solo pemain pengganti Sun Ke.

Uzbekistan, yang membuka keunggulan melalui gol Odil Ahmedov, tidak mampu balas menyamakan kedudukan dan sekarang akan menghadapi Arab Saudi pada pertandingan terakhir di fase grup di Melbourne pada Minggu untuk menentukan runner up grup.

Sebagai juara Grup B, Tiongkok akan bermain melawan runner up Grup A, yakni Australia atau Korea Selatan. Runner up Grup B akan menghadapi juara Grup A.

Arab Saudi, yang takluk 0-1 dari Tiongkok pada akhir pekan, masih berpeluang lolos ke putaran berikutnya berkat kemenangan 4-1 atas Korea Utara, yang sekarang telah tereliminasi.

Ahmed membawa Uzbekistan memimpin pada menit ke-22. Gelandang tengah itu melepaskan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti, yang sempat berubah arah karena mengenai kaki gelandang bertahan Tiongkok Wu.

Kiper Tiongkok Wang Dalei, yang menggagalkan penalti pemain Arab Saudi saat mereka meraih kemenangan atas negara Teluk itu, tidak mampu mencegah bola bersarang ke sudut atas gawangnya.

Wu menebusnya dengan mencetak gol penyama kedudukan pada babak kedua setelah umpan silang Jiang Zhipeng dari sisi kiri, yang melewati kepala kiper Uzbekistan Ignatiy Nesteroy, untuk masuk ke gawangnya.

Zhang Chengdong dan Gao Lin memainkan bola kembali untuk Wu yang tidak terkawal, yang memasukkan bola ke gawang Uzbekistan.

Kurang dari seperempat jam kemudian, Tiongkok kembali mencetak gol, ketika Sun, yang mausk sebagai pemain pengganti beberapa menit sebelumnya, mendapatkan bola di area pertahanan Uzbekistan dan menggiring bola ke area berbahaya.

Ia merangsek ke tepi kotak penalti sebelum melepaskan tembakan yang melengkung melewati jangkauan tangan Nesterrov, dan menjadi penentu kemenangan Tiongkok. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,