DPR Kirim Surat Persetujuan Kapolri ke Presiden

DPR Kirim Surat Persetujuan Kapolri ke Presiden

Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan.(Foto:Net)

Jakarta - Pimpinan DPR segera mengirim surat persetujuan pengangkatan Komjen Pol Budi Gunawan, sebagai Kapolri kepada Presiden Joko Widodo.

"(Surat persetujuan pengangkatan Komjen Pol Budi Gunawan) sedang dibuat, siang ini (dikirim ke Presiden Joko Widodo)," kata Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan di Gedung Nusantara II, Jakarta, Kamis (15/1).

Taufik menjelaskan, keputusan DPR menyetujui Komjen Pol Budi Gunawan pada rapat paripurna itu terjadi dinamika, berupa saling menukar argumen dan pendapat. "Fraksi Partai Demokrat meminta menunda sampai akhirnya disepakati di forum lobi dan juga ada pandangan dari F-PAN," ujarnya.

Menurutnya, lobi adalah inisiatif pimpinan DPR karena keputusan strategis tidak mungkin dirumuskan dalam rapat paripurna. Dalam forum lobi sempat muncul usul pemungutan suara namun urung. "Sempat juga muncul usulan voting, namun tidak dilakukan karena ini kan keputusan strategis," katanya.

Rapat Paripurna DPR RI menyetujui Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal Pol Sutarman, setelah rapat konsultasi antara pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi.

"Dalam lobi disepakati dengan pertimbangan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri. Rapat paripurna setuju mengangkat Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri," kata Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan pada rapat.

Dia mengatakan, dalam forum lobi itu semua setuju kecuali Fraksi Demokrat yang meminta DPR RI menunda persetujuan itu, dan F-PAN meminta pimpinan DPR berkonsultasi dengan presiden. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,