Tingkatkan Keamanan Bandara

Tingkatkan Keamanan Bandara

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta Direktur Utama PT Angkasa Pura II yang baru Budi Karya Sumadi untuk meningkatkan keamanan bandara, karena menyangkut keselamatan penerbangan.

"Sebagai regulator, saya meminta kepada AP II untuk meningkatkan keamanan bandara karena itu terkait keselamatan penerbangan, termasuk penertiban 'regulated agents'," kata Jonan dalam sambutannya atas pengumuman penggantian Dirut AP II di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Agar keamanan bandara dapat ditingkatkan, Jonan mengimbau agar AP II mengutamakan pelayanan kepada maskapai dan penumpang.

"Saya minta kepada direksi baru agar layanan kepada 'airlines' dan penumpang itu diutamakan, karena 'main businessnya airport' (bisnis utama bandara) itu maskapai dan penumpang, bukan konsesi, konsesi itu pelengkap," ucapnya.

Mengingat Budi Karya Sumadi merupakan orang baru di bidang penerbangan karena sebelumnya sebagai Dirut Jakarta Propertindo, Jonan mengimbau kepada berbagai pihak untuk memberikan masukan-masukan terkait penerbangan yang mengutamakan maskapai dan penumpang.

Jonan mengatakan pihaknya juga akan menerbitkan regulasi-regulasi baru agar keamanan bandara lebih bk.

Terkait 'slot' penerbangan, dia mengatakan akan menyempurnakan agar tidak terjadi standar ganda untuk menjamin keselamatan penumpang.

"Kemenhub akan menyatukan slot supaya tidak rancu, saya minta AP II bekerja sama dengan baik karena 50 persen penerbangan nasional yang keluar masuk itu dikelola AP II," ujarnya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Dirut AP II Budi Karya Sumadi berjanji akan meningkatkan keamanan bandara sebagai program jangka pendek dan menengahh.

"Kita akan 'stressing' di Jakarta untuk berikan pelayanan utama kepada pengunjungnya, dengan begitu bandara lain akan mengikuti formatnya, kita sabtu ini mulai kerja," tegasnya.

Selain itu, dia mengatakan akan melakukan kunjungan secara intens kepada maskapai untuk meningkatkan hubungan yang lebih komprehensif.

"Selama ini maskapai seperti 'in the kost' (kepada AP), padahal dia tuan rumahnya, kita akan 'sowan' (bersilaturahim), untuk memberikan servis agar lebih kerasan dan jangan coba-coba 'nyolong," tukasnya.

Berikut ini adalah jajaran direksi baru AP II, Budi Karya Sumadi (Dirut), Faik Fahmi, Djoko Murjatmodjo, Ituk Herarindri, Daan Achmad, Andra Y Agussalam. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,