Gubernur Riau Resmi Jadi Tersangka

Gubernur Riau Resmi Jadi Tersangka

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (kiri) didampingi Juru bicara Johan Budi (kanan) dan petugas penyidik memperlihatkan barang bukti berupa mata uang dollar AS dan dollar Singapura yang ditemukan dalam operasi tangkap tangan terhadap Gubernur Riau di Gedu

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Riau Annas Maamun dan pengusaha kelapa sawit, Gulat Medai Emas Manurung sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap perizinan lahan di Riau. 

Penetapan ini sebagai tindak lanjut dari operasi tangkap tangan yang dilakukan penyidik KPK pada Kamis 25 September 2014 sore. "Adapun dari operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK kemarin telah berhasil mengamankan sekira sembilan orang. Kemudian dilakukan pemeriksaan yang intensif di KPK. Dari hasil pendalaman, dari hasil alat bukti yang didapatkan dan pemeriksaan saksi, pada akhirnya KPK telah menyimpulkan, kasus ini ditingkatkan ke tahap penyidikan," kata Ketua KPK Abraham Samad di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Abraham mengatakan, KPK sudah menetapkan tersangka. "Ditetapkan dua tersangka , yaitu AM selaku Gubernur Riau dalam hal ini sebagai penerima dan GM selaku pemberi," katanya.

Abraham mengatakan, AM disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sementara GM disangkakan melanggar Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.  (Jr.)**
.

Categories:Politik,
Tags:nasional,