Polisi Tangkap 14 Orang Pencuri Kabel Telkom

Polisi Tangkap 14 Orang Pencuri Kabel Telkom

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Polisi  berhasil menangkap 14 orang pelaku pencurian kabel dak milik PT Telkom Bandung. Penangkapan para pelaku itu berdasarkan laporan warga. 

Demikian diungkapkan Wakapolrestabes Bandung, AKBP Gatot Suyono, di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa Kamis, (15/1/2015).

"Berdasarkan hasil pelaporan kita lakukan penyelidikan, kemudian ditangkap 14 orang tersangka, kita tangkap di Jalan Pahlawan," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, ada 11 orang sebagai pelaku utama sedangkan 3 orang berperan sebagai penadah.

"Satu orang tersangka, itu pekerja Telkom, dia yang merekrut 10 orang masyarakat," ujar Gatot.

Gatot menuturkan, satu tersangka  salah seorang pekerja teknisi dari PT Telkom  yaitu DY. Pelaku tersebut merupakan dalang dari kasus pencurian kabel dak Telkom ini. 

"Ini (Dy), pelaku merupakan pegawai Telkom, dia juga ikut mengggali tanah dan mengambil kabel-kabel milik telkom," bebernya. (Ode)**

Setelah mendapatkan kabel milik PT Telkom yang dicurinya, pelaku Dy, kemudian menjualnya kepada tiga orang penadah. Ketiga penadah itu ialah Ac, Cs dan Am. Ketiganya juga ditangkap jajaran kepolisian.

"Pelaku kemudian menjualnya ke penadah seharga Rp. 12 juta," katanya.

Gatot mengatakan, para pelaku ini sudah melakukan aksinya selama lima bulan lamanya.

"Dari hasil penyelidikan, mereka sudah menjalankan aksinya selama lima bulan di dua TKP di Ahmad Yani dan di Jalan Pahlawan," katanya.

Untuk menjalankan aksinya, tutur Gatot, para pelaku ini berpura-pura melakukan penggalian kabel Telkom di dua kawasan tersebut dan akhirnya mengambil kabel tersebut yang kemudian dijual.

Dari tangan pelaku, pihak kepolisian berhasil menyita berbagai barang bukti seperti satu unit mobil pick up, 2 mesin air, 2 gergaji besi, palu, linggis, singkup, 3 buah trekell, 2 buah selang air, tiga karung kabel tembaga dan satu bungkus kabel.

Atas tindakannya ke 11 orang pelaku pencurian dijerat pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Sedangkan ketiga penadah dijerat pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara.

.

Categories:Bandung,
Tags:kriminal,