Uni Emirat Arab Tumbangkan Bahrain 2-1

Uni Emirat Arab Tumbangkan Bahrain 2-1

Ali Ahmed Mabkhout membawa Kemenangan Untuk Uni Emirat Arab.(Foto:Net)

Canberra - Ali Ahmed Mabkhout hanya memerlukan waktu 14 detik untuk membawa Uni Emirat Arab memimpin, ketika mereka menang 2-1 atas Bahrain pada Kamis (15/1/2015) dan mengamankan satu tiket untuk tampil di perempat final Piala Asia.

Dengan pertandingan Grup C yang terlihat akan berakhir dengan skor imbang 1-1, kapten Bahrain Mohamed Hasan membelokkan bola tendangan bebas pada menit ke-73 dari Amer Abdulrahman ke gawangnya sendiri, untuk membawa UEA memenangi "derby" Teluk kedua di Canberra, menyusul kemenangan 4-1 mereka atas Qatar pada pertandingan pembukaan.

UEA dan Iran, yang menang 1-0 atas Qatar di Sydney, memuncaki klasemen dengan enam angka dan melaju ke delapan besar, di mana Bahrain dan sang juara Piala Teluk Qatar tereliminasi dengan satu pertandingan yang belum dimainkan.

Ini merupakan ketiga kalinya UEA mencapai perempat final, dan pertama kalinya sejak 1996.

"Tim membawa banyak kegembiraan kepada negara UEA kami dan orang-orang merasa senang dan bangga," kata pelatih UEA Mahdi Ali kepada para pewarta.

"Kemenangan ini akan membantu membuat kami sedikit rileks terhadap tekanan dari Iran, dan kami akan kembali berusaha untuk melaju dengan mentalitas yang sama."

UEA kembali menjadi tim yang paling berbahaya di lini depan, di mana kuartet serangan mereka tidak memerlukan waktu lama untuk menembus pertahanan Bahrain, dengan Mabkhut yang mencetak gol ketiganya di turnamen ini.

Bola cungkil dari Omar Abdulrahman melambung di atas kepala bek Bahrain Mohamed Duaij, yang membuat Mabkhout dapat mencurinya dan melepaskan sepakan mendatar di bawah kiper Sayed Mohamed Abbas untuk menjadi salah satu gol tercepat yang pernah tercipta di Piala Asia.

UEA nyaris membukukan gol kedua pada menit ke-16 ketika pergerakan Mohamed Abdulrahman diteruskan dengan umpan silang untuk Ahmed Khalil, namun tembakan sang penyerang membentur tiang gawang.

Ketika UEA melancarkan gelombang serangan, pertahanan mereka menjadi sedikit rapuh dan kesulitan mengatasi permainan impresif Jaycee John Okwunwanne, yang beberapa kali menebar teror pada babak pertama yang berlangsung menghibur.

Penyerang kelahiran Nigeria itu menanduk bola untuk membuat Bahrain menyamakan kedudukan pada menit ke-26, melompat melampaui Hamdan Al Kamali untuk menyambar tendangan sudut Faouzi Aaish.

Okwunwanne nyaris menambahi gol kedua pada menit ke-29 ketika serangan balik Bahrain membuat Rashed Al Hooti dapat mengirim umpan silang dari kiri, namun tandukan sang penyerang dapat ditahan kiper UEA Majed Naser. 

Sayangnya, tempo pertandingan di babak kedua menurun.

Tendangan bebas melengkung Omar Abdulrahman yang mengenai bagian atas mistar gawang merupakan peluang terbaik pada menit-menit awal, sebelum Hasan mencetak gol bunuh diri yang menjadi penentu pemenang pertandingan ini. Demikian laporan Reuters.(Ode)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,