Dana Bansos Cimahi Turun

Dana Bansos Cimahi Turun

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Pencairan dana bantuan sosial (bansos) dan hibah Pemerintah Kota Cimahi, tahun 2014 turun drastis hanya 10 persen dibandingkan 2013 mencapai 80 persen dari jumlah proposal yang diajukan.

"Dari 670an proposal yang bisa cair 10 persenan, tahun 2013 dari 700an yang cair 80 persen," kata Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Cimahi Totong Solehudin di Cimahi, Kamis (15/1/2015).

Ia menuturkan, penurunan itu karena lebih hati-hatinya Pemerintah Kota Cimahi dalam pencairan dana hibah dan bansos kepada masyarakat.

Menurut dia, tidak disetujuinya pengajuan proposal dari berbagai organisasi masyarakat maupun dari masyarakat umum biasa itu karena tidak memenuhi kelengkapan administrasi.

"Ini dampak dari kehati-hatian Pemerintah Kota Cimahi, masyarakatnya juga ketika diminta untuk dilengkapi sesuai prosedur, sudah mundur," katanya.

Ia menyebutkan, proposal yang diajukan masyarakat kepada Pemerintah Kota Cimahi itu dari berbagai program pembangunan diantaranya bidang sosial, budaya, keagamaan, dan olah raga.

Bagian Kesra, lanjut dia, hanya bagian dari pelaksana untuk memproses pengajuan proposal itu dengan melakukan tahapan verifikasi administrasi dan kegiatannya.

"Kalau hasil verifikasi tidak lolos, lalu tidak diperbaiki ya tidak dapat dilanjutkan, jadi kami sesuai SOP," katanya.

Sedangkan proposal yang lolos, kata dia, yaitu kelompok masyarakat yang siap dengan persyaratan administrasi, nota kesepahaman penggunaan anggaran, dan kesiapan laporannya.

Terkait besaran uang bansos dan hibah yang dicairkan kepada masyarakat, Totong mengaku tidak tahu, karena proses pencairan uang kewenangannya Bagian Keuangan.

"Jumlah besaran uangnya ada di Bagian Keuangan, dari keuangan lansung transfer ke masyarakat," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:ekonomi,