Pelatda Atletik Jabar Tanpa Tolak Peluru

Pelatda Atletik Jabar Tanpa Tolak Peluru

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Pengda PASI Jabar tidak memasukkan atlet cabang tolak peluru putra dan lompat galah putri pada susunan Pelatda PON XIX/2016 meski seluruh atlet bisa otomatis bertanding pada ajang PON itu.

"Pelatda cabang atletik tanpa tolak peluru putra dan lompat galah putri. Bukan tidak ada atlet, tapi dari ranking nasional atlet-atlet untuk nomor ini masih jauh," kata Sekretaris Umum Pengda Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Jucke M Satria di Bandung, Kamis (15/1/2015).

Sedangkan pada nomor lainnya, Jabar menyertakan seluruh atletnya, dalam arti akan turun pada PON XIX/2016.

Dengan demikian tertutup sudah peluang atlet peraih medali emas cabang tolak peluru putra dan lompat galah putri pada Porda Jabar XII/2014 di Kabupaten Bekasi.

Tidak masuknya atlet cabang tolak peluru putra dan lompat galah putri ke Pelatda PON XIX/2016 memungkinkan kelemahan Jabar pada nomor pertandingan itu akan berlangsung dalam jangka panjang.

Sementara itu Juke menyebutkan, Jabar memiliki potensi dari beberapa nomor seperti tolak peluru putri, lompat tinggi putri, lontar martil, 3.000 meter halang rintang, lompat tinggi putra, serta nomor lari 5.000 meter 10.000 meter putra.

Untuk menjaring atlet yang akan masuk tim pelatda, Pengda PASI Jabar memberlakukan sistem promosi degradasi. Rencananya Pengda PASI Jabar akan membuat kejuaraan seperti Jabar open untuk proses promosi degradasi.

"Rencananya Maret, bila tidak terlaksana, kita akan melakukan seleksi internal dan juga dilihat dari Kejurnas 2015 nanti. Namun tolak ukurnya masuk Pelatda ini hasil Porda Jabar di Kabupaten Bekasi," kata Jucke.

Menurut Jucke, sistem promosi degradasi sendiri akan berlangsung hingga dibukanya pendaftaran atlet untuk PON XIX/2016. Pembentukan tim inti akan diwujudkan awal tahun 2016.

Saat ini jumlah atlet yang bergabung dalam pemusatan latihan sebanyak 51 atlet dari 47 nomor pertandingan. Sebanyak 16 atlet diantaranya merupakan atlet muka baru yang berprestasi di ajang Porda dan Popnas 2014. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,