Ahok Ikuti Chicago Ubah Jakarta

Ahok Ikuti Chicago Ubah Jakarta

ilustrasi Foto. (Net)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku akan mengikuti konsep kota Chicago di Amerika Serikat dalam melakukan pembenahan ibu kota.
 
"Pada awalnya, kota Chicago hampir sama semrawutnya seperti Jakarta, terlalu banyak gedung bertingkat. Tapi kemudian pemerintahnya mengambil langkah untuk membangun sistem transportasi," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (16/1/2015).
 
Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, langkah strategis yang diambil oleh pemerintah Chicago untuk membenahi kotanya pada saat itu adalah membangun moda transportasi Light Rail Transit (LRT).
 
Jenis transportasi tersebut, sambung dia, dibangun jauh diatas permukaan tanah atau jalur melayang (elevated) diantara gedung-gedung pencakar langit yang ada di kota tersebut.
 
"Rencananya, kita juga mau membuat model transportasi yang seperti itu. Kita tahu ruas jalan disini (Jakarta) sudah terlanjur sempit, dan LRT itu tidak akan 'memakan' ruas jalan," ujar Ahok.
 
Oleh karena itu, mantan bupati Belitung Timur itu menuturkan sampai dengan saat ini pihaknya masih terus membahas konsep transportasi tersebut untuk diterapkan di wilayah Kota Jakarta.
 
"Untuk pembangunan LRT, saat ini kita masih berada dalam tahap pembuatan desain rute yang dilakukan oleh dua BUMD DKI, yaitu Pembangunan Jaya dan Jaya Konstruksi," tutur Ahok.
 
Selain LRT, dia menjelaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga sedang membangun transportasi serupa LRT, yaitu Koridor 13 Busway Transjakarta jenis layang (elevated) yang membentang dari Ciledug hingga Tendean. (AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:ahok,