Polres Cimahi Siap Awasi Anggaran Desa

Polres Cimahi Siap Awasi Anggaran Desa

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Cimahi - Sebanyak 186 anggota Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Cimahi,  siap disiagakan setiap desa satu anggota untuk menjaga stabilitas keamanan sekaligus mengawasi penggunaan anggaran desa bantuan dari Pemerintah pusat sebesar Rp 1,4 miliar.

"Jadi menjadi bagian regulator dan pengawasan sehingga tidak terjadi penyalahgunaan anggaran dari pusat itu kepada pemerintahan desa," kata Kapolres Cimahi AKBP Erwin Kurniawan usai upacara penutupan Bimtek Anggota Bhabinkamtibmas yang dihadiri Babinsa, Lurah dan Kades di Markas Polres Cimahi, Jumat (16/1/2015).

Ia menuturkan, para Bhabinkamtibmas salah satu tugasnya nanti menjadi regulator dan pengawas terkait rencana bantuan dari pemerintah pusat yang akan disalurkan ke setiap desa masing-masing sebesar Rp1,4 miliar.

Menurut dia, pengawasan oleh Polri penting dilakukan sebagai bentuk pengabdian pada negara dan masyarakat agar tidak ada tindakan yang melanggar hukum.

"Termasuk mengawasi rencana bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp1,4 miliar itu adalah sebagai bentuk dari pengabdian terhadap negara dan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, para Bhabinkamtibmas itu sudah mendapatkan pelatihan dan bimbingan teknis selama empat hari mulai tanggal 12 sampai 16 Januari 2015, untuk selanjutnya diterjunkan ke setiap desa binaannya masing-masing.

Ia mengungkapkan, bimtek tersebut merupakan program pemerintah melalui Kapolri untuk menghadirkan keamanan Negara dan mampu mengatasi berbagai persoalan masyatakat.

"Mengeliminir potensi konflik dan menjadi mitra dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan pemerintahan bersama Babinsa dari TNI," katanya.

Ia menegaskan, Polres Cimahi yang melingkupi Kabupaten Bandung Barat sudah optimal menerjunkan satu polisi satu desa sesuai perintah Kapolri.

Sebelumnya tahun 2014, kata dia, Polri di wilayah hukum Polres Cimahi belum mampu memenuhi satu polisi satu desa/kelurahan.

"Dulu anggota Bhabinkamtibmas 89 anggota untuk memenuhi 186 desa dan kelurahan, sekarang kami penuhi dengan menambah 97 anggota sehingga sudah terpenuhi," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,