Pangkalan PBB di Mali Diserang

Pangkalan PBB di Mali Diserang

Seorang Petugas memantu situasi di salah satu pangkalan PBB di Mali.(Foto:Net)

Bamako - Setidaknya seorang anggota pasukan perdamaian PBB tewas ketika kelompok garis keras Islam menyerang satu pangkalan PBB di kota Kidal, Mali utara, Sabtu (17/1/2015) WIB, kata penduduk.
 
Baku tembak meletus di daerah kamp militer Prancis di Kidal sekitar pukul 06.00 waktu setempat (13.00 WIB Sabtu), disusul dengan suara roket-roket meledak, kata penduduk lokal kepada Reuters. Baku tembak itu berlangsung sekitar 10 menit, kata mereka.
 
Penduduk mengatakan setidaknya dua pembom bunuh diri menyerang pangkalan itu dengan bom-bom mobil, menewaskan seorang tentara perdamaian Chad dan mencederai lima orang lainnya.
 
Seorang anggota missi PBB di Mali (MINUSMA) mengonfirmasikan serangan itu tetapi mengatakan tidak ada penjelasan lain diperoleh.
 
Mali masih dalam pemulihan setelah dilanda konflik yang dimulai 2012 ketika para petempur yang punya hubungan dengan Al Qaida menguasai gurun utaranya tidak lama serangan pemberontakan Tuareg.
 
Satu operasi militer yang dipimpin Prancis awal tahun 2013 membuat mereka lari terpencar tetapi para petempur Islam meningkatkan serangan-serangan mereka dalam bulan-bulan belakangan ini.
 
Pada Jumat, para pria bersenjata yang diduga punya hubungan dengan kelompok-kelompok separatis menyerang kota Tenenkou Mali tengah, menewaskan setidaknya tiga orang dalam satu pertempuran yang meningkat dengan tentara, kata sumber-sumber lokal dan militer.
 
MINUSMA mengatakan pihaknya melihat kelompok-kelompok bersenjata menuju daerah itu, Jumat, menyebutnya itu satu pelanggaran ketentuan-ketentuan gencatan senjata sebelumnya. Perundingan perdamaian antara pemerintah Mali dan kelompok-kelompok separatis mengenai masa depan wilayah utara itu menurut rencana akan segera dimulai kembali di Aljirs. (AY)
.

Categories:Internasional,
Tags:kerusuhan,