Istana Presiden Didemo Massa Budi Gunawan

Istana Presiden Didemo Massa Budi Gunawan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Massa Relawan Nasional berdemonstrasi di depan Istana Negara, Sabtu petang. Mereka meminta agar Presiden Joko Widodo segera melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.

"Sebagai relawan nasional kami mendukung Presiden Jokowi untuk segera melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri," kata Koordinator Relawan Nasional, Afrudin Jamal di Jakarta, Sabtu (17/1/2015).

Relawan Nasional pun menduga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah bermain politik, dengan bertameng pada  pemberantasan korupsi dalam penetapan status tersangka Komjen Pol Budi Gunawan.

Pasalnya, bukti tuduhan kepemilikan rekening gendut tidak hanya pada Budi Gunawan, tetapi juga sejumlah Jenderal yang sampai saat ini belum disentuh KPK. "Kenapa KPK dalam penegakan hukum terkesan sangat diskriminatif. Apakah KPK tidak menerapkan asas persamaan di mata hukum," ujarnya.

Diingatkan, banyak koruptor kelas kakap yang hingga saat ini belum tersentuh hukum. Penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka dinilainya sebagai wujud tebang pilih KPK dalam memberantas korupsi.

"Kami menolak kriminalisasi Komjen Pol Budi Gunawan oleh KPK, dan meminta agar institusi KPK dibersihkan dari kekuatan asing dan kepentingan politik tertentu," katanya.

Sebelumnya, politikus Partai Demokrat, Gede Pasek Suardika berpendapat, permasalahan antara status tersangka dan pengangkatan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri, merupakan bentuk persilangan hukum pidana dengan tata negara.

Sejauh ini DPR RI melalui sidang paripurna sudah menerima Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Namun, Presiden Jokowi memutuskan untuk menunda pelantikan Budi Gunawan sambil menunggu proses hukum di KPK.

Sementara itu, jabatan Kapolri dipegang oleh pelaksana tugas, yakni Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:jokowi,