Poires Cimahi Selidiki Dugaan Penyelewangan Dana Rutilahu

Poires Cimahi Selidiki Dugaan Penyelewangan Dana Rutilahu

ilustrasi

Cimahi- Kepolisian Resor Kota Cimahi selidiki laporan masyarakat tentang dugaan penyelewengan dana program rumah tidak layak huni (Rutilahu) oleh Kepala Desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jabar.

"Pasti ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan untuk mengetahui kebenaran isi laporan yang diberikan warga," kata Kapolres Kota Cimahi AKBP Erwin Kurniawan kepada wartawan, Minggu (18/1/2015).

Ia menegaskan, kepolisian siap menindaklanjuti setiap kasus yang dilaporkan atau diadukan warga.

Pihaknya langsung menyelidiki laporan warga itu dengan menjunjung praduga tak bersalah terhadap pihak yang dilaporkan warga.

"Pengaduan dari mana pun akan dilakukan penyelidikan dengan menjunjung praduga tidak bersalah," kata Erwin.

Sebelumnya, warga dan tokoh masyarakat Desa Margalaksana, Kecamatan Cipendeuy, KBB, mengirimkan surat ke Polres Cimahi tentang Kepala Desanya yang diduga menyelewengkan berbagai program bantuan pemerintah kepada Polres Cimahi.

Surat tersebut dilayangkan dengan tembusan ke Bupati Bandung Barat Abubakar dan Ketua DPRD KBB Aa Umbara Sutisna.

Melalui surat itu dijelaskan tentang aparat Desa Margalaksana yang diduga melakukan penyelewengan dana Rutilahu tahun 2012 hingga 2014 dengan besaran Rp200 juta setiap tahunnya.

Sesuai aturan setiap rumah mendapatkan Rp10 juta, namun yang diberikan kepada warga penerima bantuan Rutilahu itu hanya Rp1,5 juta dalam bentuk bahan bangunan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,