KPK Jangan 'Gantung' Proses Hukum Budi Gunawan

KPK Jangan 'Gantung' Proses Hukum Budi Gunawan

Anggota Komisi III DPR yang politikus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul.(foto:net)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus segera melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri.  Jika tidak,  berpeluang terjadi saling sikut antar perwira tinggi polisi yang ingin menjadi orang nomor satu di Kepolisian. Ini tentunya akan berdampak buruk bagi tatanan hukum di negara ini.
 
"Dengan kekosongan pada jabatan Kapolri, sebaiknya Presiden segera melantik Budi Gunawan, sehingga tidak ada perpecahan di tubuh Polri karena jabatan Pelaksana tugas (Plt) Kapolri Badrodin Haiti kan sifatnya sementara," kata Anggota Komisi III DPR yang politikus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul di Jakarta, Senin (19/1).
 
Dengan berstatus hukum tersangkanya Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), lanjut Ruhut sebaiknya KPK segera melakukan proses pemeriksaan agar terjadi kejelasan bagi mantan ajudan Presiden Megawati itu. 
“Kalau memang KPK tidak ada unsur politik dalam kasus Budi Gunawan, sebaiknya status tersangka itu jangan digantung, seperti tersangka yang lain belum juga dilakukan pemeriksaan,” tambahnya.
Ruhut menilai, sebagai presiden Jokowi akan menghormati proses hukum di KPK dengan menunda pelantikan Budi Gunawan menjadi Kapolri. “Kuncinya ada di tangan KPK untuk itu jangan digantung-gantung karena Presiden tidak akan dapat melantik Plt Badrodin Haiti karena statusnya yang hanya pelaksana tugas yang sifatnya sementara,” tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Politik,
Tags:politik,