PMI Bandung Latihan Kedaruratan

PMI Bandung Latihan Kedaruratan

ilustrasi. (Net)

Bandung - PMI Kota Bandung melakukan latihan penanganan kedaruratan bersama Dinas Pemadam Kebakaran, Vertical Rescue dan Detasemen Brimob Polda Jabar Cikole dalam rangka peningkatkan kesiagaan.

"Kegiatan ini sebagai perbekalan untuk pertolongan pertama dan memperkuat kapasitas kemampuan di segala medan-medan yang sulit," kata Ketua Pelaksana Latihan Gabungan Ardiles Leonardo Simangunsong di Bandung, Senin (19/1/2015).

Vertical Rescue memiliki kapasitas kemampuan pertolongan di medan yang sulit dan di gedung tinggi atau reruntuhan bangunan. Para peserta saling berbagi ilmu dan pengalaman.

"Dengan kemampuan Vertical Rescue, disini kita saling sharing tentang cara dan teknik pertolongan, PMI kan fokusnya di pertolongan pertama dan pelayanan," katanya.

Untuk Pemadam Kebakaran fungsinya sudah jelas dalam pertolongan saat kebakaran. Brimob juga ikut serta karena ada tim SAR sehingga sinergi dengan tugas pokok dan fungsi sebagai prajurit untuk berbagai pertolongan kedaruratan.

"Peserta berbagi ilmu sesuai kapasitasnya masing-masing, untuk perbekalan saat menghadapi situasi darurat," katanya.

Ia menyebutkan kegiata itu akan ditindaklanjuti dengan kerjasama agar bisa memperkuat kapasitas masing-masing kelompok saat pertolongan pada situasi darurat.

"Ini terobosan yang pertama, dengan adanya kerjasama dan saling berbagi ilmu, saat ada situasi darurat bisa dilakukan pertolongan dengan baik," katanya.

Sementara itu pada Februari 2015 PMI juga akan mengadakan latihan Vertical Rescue bersama KSR se-Jawa Barat di Kota Bandung.

"Nanti KSR di Kota dan Kabupaten akan latihan dan simulasi bersama, rencananya di Gedung PMI dan simulasinya di kawasan Bukit Citatah Padalarang," kata Ardiles menambahkan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,