Miliader Tiongkok Beli Saham Atletico Madrid

Miliader Tiongkok Beli Saham Atletico Madrid

Miliarder Tiongkok, Wang Jianlin.(Foto:Net)

Madrid - Miliarder Tiongkok Wang Jianlin telah sepakat untuk membeli 20 persen saham pada klub juara bertahan Liga Spanyol Atletico Madrid, demikian dilaporkan media Spanyol pada Selasa (20/1/2015).
 
Kesepakatan dengan Wang, yang mengendalikan grup konglomerasi Dalian Wanda sekaligus seorang penggemar sepak bola, akan diumumkan di Beijing pada Rabu, menurut laporan-laporan pada harian-harian olahraga seperti Marca dan As.
 
Wang memiliki kekayaan senilai 13,2 miliar dolar, kata majalah Forbes pada Oktober, yang membuat dirinya menduduki peringkat keempat pada daftar orang terkaya di Tiongkok setelah ia sempat memuncaki daftar itu setahun sebelumnya.
 
Investasinya di Atletico bernilai sekitar 40 juta euro, kata Marca dan As, tanpa mengungkap sumber informasi mereka. Wanda telah menyebut akan melakukan konferensi pers pada Rabu, namun tidak memberi detail-detail lebih lanjut.
 
Pihak klub menolak untuk mengomentari kesepakatan dengan Wang saat dihubungi oleh Reuters, dan juru bicara klub belum dapat dihubungi pada Senin.
 
Atletico akan menjadi klub Liga Spanyol terkini yang menarik investasi signifikan dari luar Spanyol, menyusul klub-klub seperti Malaga dan Valencia.
 
Malaga dibeli oleh anggota keluarga kerajaan Qatar pada 2010, sedangkan miliarder Singapura Peter Lim belakangan ini menguasai saham mayoritas di Valencia.
 
Dua raksasa Liga Spanyol Real Madrid dan Barcelona, yang termasuk dalam klub-klub terkaya di dunia dari segi pendapatan, memiliki kesepakatan-kesepakatan menguntungkan dengan para investor dari Qatar dan Uni Emirat Arab.
 
Kesuksesan terkini Atletico di atas lapangan membuat klub kedua di Madrid ini menjadi mitra yang atraktif, dan mereka telah memiliki kesepakatan dengan perusahaan telekomunikasi Tiongkok Huawei dan ikatan sponsor di kaus dengan dewan pariwisata Azerbaijan.
 
Seperti banyak klub Spanyol, mereka mengalami masalah keuangan dalam beberapa dekade terakhir sambil berupaya untuk tetap kompetitif, dengan jumlah hutang yang mencapai lebih dari 500 juta euro.
 
Bagaimanapun, dengan masa depan yang terlihat lebih cerah, mereka memiliki rencana-rencana ambisius dan berniat pindah dari Stadion Calderon yang sudah bobrok ke arena baru berkapasitas 70.000 penonton di La Peineta di dekat bandara utama dalam beberapa tahun mendatang.
 
Mereka juga berencana untuk membangun kompleks latihan yang baru termasuk kantor-kantor, stadion berkapasitas 15.000 penonton untuk tim kedua dan ketiga, dan sejumlah fasilitas serta tempat berbelanja untuk para penggemar. (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,