Puluhan Pohon di Yogya Rawan Tumbang

Puluhan Pohon di Yogya Rawan Tumbang

Seorang pengendara motor melintas diatas pohon yang telah tumbang.(Foto:Net)

Yogyakarta - Sebanyak 70 pohon berukuran cukup besar yang tersebar di berbagai wilayah di Kota Yogyakarta masuk dalam kategori pohon yang rawan tumbang sehingga perlu segera diantisipasi.
 
"Kami sudah rutin melakukan pemangkasan. Namun, pemangkasan itu hanya bisa dilakukan untuk pohon perindang yang berada di tepi jalan," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta Irfan Susilo di Yogyakarta, Selasa (20/1/2015).
 
Sedangkan untuk pohon perindang yang tumbuh di persil pribadi seperti di halaman rumah, kantor atau pertokoan tidak bisa dipangkas jika tidak ada izin dari pemilik persil.
 
"Hal itulah yang menyulitkan. Kejadian tumbangnya pohon saat hujan lebat pada Senin (19/1) pun terjadi di persil pribadi," kata Irfan.
 
Ia berharap, warga yang memiliki pohon dengan ukuran yang cukup besar dan tajuk yang cukup lebat sehingga masuk kategori rawan tumbang apabila hujan turun dengan lebat dapat mengajukan permohonan pemangkasan ke BLH Kota Yogyakarta.
 
"Jika ada permohonan dan disetujui pemilik persil, maka petugas kami siap melakukan pemangkasan di persil pribadi milik warga," katanya.
 
Irfan menambahkan, petugas yang melakukan pemangkasan pohon juga selalu diminta mengecek kondisi pohon, seperti kekuatan batang dan akar.
 
BLH Kota Yogyakarta memiliki satu peralatan untuk memangkas pohon, sehingga dalam satu hari hanya ada sekitar dua hingga tiga pohon yang bisa dipangkas.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Keindahan BLH Kota Yogyakarta Indiah Widiningsih mengatakan, pada akhir 2014 tercatat ada sekitar 90 pohon rawan tumbang di Kota Yogyakarta.
 
Pohon yang rawan tumbang tersebut di antaranya adalah dari jenis pohon beringin, angsana, waru dan asem kranji yang tersebar di beberapa lokasi seperti di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pangeran Senopati, Jalan DI Panjaitan termasuk di kawasan Sagan.
 
Pohon yang rawan tumbang dapat diketahui dari kondisi batang pohon yang sudah keropos dan posisi pohon miring. Pohon yang bertajuk rimbun juga dapat dimasukkan dalam kategori rawan tumbang.
 
"Pohon yang bertajuk rimbun juga perlu diwaspadai rawan tumbang, apalagi saat ada angin kencang," katanya. (AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,