Organ Tubuh Bayi Enam Hari Didonorkan

Organ Tubuh Bayi Enam Hari Didonorkan

Ilustrasi Foto.(Net)

London-Para dokter di Inggris telah melakukan transplantasi organ pertama dari bayi yang berusia enam hari.
 
Dalam prosedur yang disebut sebagai terobosan itu, ginjal dan sel-sel hati bayi perempuan itu didonorkan kepada dua penerima yang berbeda setelah jantung bayi tersebut berhenti berdetak.
Sebagaimana disebutkan jurnal ilmiah Archives of Diseases in Childhood, bayi perempuan ini lahir dengan kondisi kesehatan yang sangat buruk.
 
Tes menunjukkan bahwa dia mengalami kekurangan oksigen sebelum dilahirkan dan mengalami kerusakan otak, walaupun upaya telah diambil untuk mencegahnya.
Para dokter di Imperial College NHS Trust di London mengatakan orang tua bayi tersebut, dengan “kemurahan hati mereka yang luar biasa”, setuju untuk menyumbangkan organ tubuh anak mereka setelah jantungnya berhenti berdetak.
 
Ginjal bayi tersebut diberikan kepada seorang pasien gagal ginjal.
Adapun sel-sel hati bayi itu ditransfusi kepada pasien gagal liver.
Tim medis mengatakan bahwa operasi pembedahan tersebut sangat sulit dan rumit. Ginjal pada bayi yang baru lahir berukuran 5cm saja.
 
Prof James Neuberger dari NHS Blood and Transplant mengatakan, “Kami sangat puas melihat transplantasi organ pertama dari bayi baru lahir di Inggris berjalan dengan sukses. Kami juga memuji keputusan keluarga bayi ini untuk mendonorkan organnya.
 
Dr Gaurav Atreja, yang terlibat dalam operasi transplantasi tersebut, mengatakan kepada BBC, “Prosedur ini menjadi hal yang positif bagi keluarga tersebut. Mereka melihat hal positif yang muncul dari pengalaman negatif.”
 
Meski demikian, pihak berwenang Inggris akan meninjau kasus ini mengingat dokter di Inggris tidak boleh menyatakan kematian otak pada bayi di bawah usia dua bulan.(Ode)**
.

Categories:Unik,
Tags:kesehatan,

terkait

    Tidak ada artikel terkait