Gelombang di Perairan Bangka Utara 3,5 Meter

Gelombang di Perairan Bangka Utara 3,5 Meter

Ilustrasi.(Foto:Net)

Pangkalpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, memprakirakan pada Kamis (22/1) tinggi gelombang di perairan Bangka sebelah utara mencapai dua sampai 3,5 meter.
 
"Ketinggian gelombang tersebut akan disertai angin kencang dengan kecepatan mencapai hingga 42 kilometer per jam bergerak dari Utara menuju Timur Laut," kata Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang, Akhmad Fadholi di Pangkalpinang, Rabu (21/1/2015).
 
BMKG Pangkalpinang telah mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi di perairan ini dan meminta nelayan Babel untuk menunda melakukan aktivitas melaut karena dapat membahayakan keselamatan.
 
"Bagi nelayan Babel yang menggunakan perahu dengan ukuran kecil maupun sedang diminta untuk sementara waktu tidak melaut karena saat ini ombak di laut cukup besar sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan jiwa," katanya.
 
Ia mengatakan gelombang tinggi juga berpotensi di perairan Babel lainnya seperti di Selat Gelasa dan Selat Karimata dengan ketinggian mencapai 2,5 hingga tiga meter dengan kecepatan angin berkisar antara 16 sampai 40 kilometer per jam.
 
"Sedangkan kondisi gelombang laut di Selat Bangka dan Selatan Bangka ketinggian gelombang berkisar antara 1,5 hingga dua meter disertai angin dengan kecepatan mencapai 37 kilometer per jam," ujarnya.
 
Sementara itu, berdasarkan pantauan satelit cuaca, daratan di Babel masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.
 
"Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kabupaten Bangka, Bangka Selatan dan Belitung timur sedangkan untuk Kabupaten Bangka Barat, Bangka Tengah, Belitung, dan Kota Pangkalpinang berpeluang hujan dengan intensitas sedang," katanya.
 
Ia menambahkan, kondisi angin di daratan tersebut masih sama seperti beberapa hari sebelumnya dengan kecepatan berkisar antara lima hingga 24 kilometer per jam dengan suhu udara mencapai 30 derajat Celcius. (AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:ekonomi,