Batam Tegaskan Tidak Ada Impor Beras

Batam Tegaskan Tidak Ada Impor Beras

Ilustrasi.(Foto:Net)

Batam  - Badan Pengusahaan Batam menegaskan tidak ada kuota impor beras pada 2014 dan 2015 untuk Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam meski dipasaran ditemukan beras asal Thailand.

"2014 dan 2015 tidak ada kuota impor. Kalau ada beredar, itu ilegal," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Kamis (22/1/2015).

Berdasarkan pantauan, beras impor yang beredar di pasar Batam adalah merek Flying Man ukuran 10 kilogram. Bungkus beras tersebut berwarna kuning kecokelatan.

"Jika pada 2015 ada izin untuk mengimpor beras langsung ke Batam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seharusnya sudah sejak akhir 2014 ada pemberitahuan nama importir dan besaran kuota yang diberikan," kata dia.

Meskipun impornya langsung dan khusus untuk memenuhi kebutuhan kawasan bebas Batam, kata dia, namun besaran kuota dan nama importinya harus disampaikan ke BP Batam.

Peraturan impor untuk Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) 10 tahun 2012 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 27 tahun 2012.(Ode)**

.

Categories:Nasional,
Tags:ekonomi,