Pemprov Jabar Pangkas Anggaran Rp 310 Miliar

Pemprov Jabar Pangkas Anggaran Rp 310 Miliar

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memangkas anggaran perjalanan dinas dalam negeri, luar negeri, akomodasi, alat tulis kantor dan sewa pada tahun 2015 hingga Rp 310 miliar.
 
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Bandung, Jumat (23/1/2015), mengatakan sebelum dilakukan evaluasi dan koreksi oleh Kementerian Dalam Negeri anggaran perjalanan dinas tersebut sebelumnya dianggarkan sebesar Rp 500 miliar.
 
"Evaluasi paling berat sampai terkoreksi di angka Rp 9 triliun (seluruh APBD Jabar 2015), kaget juga, ternyata setelah dialog ada 'miss' persepsi beberapa hal, yang karena dari kemendagri begitu tegas," katanya usai menggelar silaturahim di halaman Gedung Sate Bandung.
 
Ia menuturkan, pemangkasan anggaran tersebut harus menjadi perhatian bagi seluruh PNS di lingkungan Pemprov Jabar dalam artian jangan sampai ada PNS yang melakukan perjalanan dinas fiktif.
 
"Misalnya perjalanan Bandung-Cirebon lima orang tapi yang berangkat satu jangan terjadi lagi. Nginep tiga hari padahal sehari jangan terjadi lagi," katanya.
 
Khusus di lingkungan Pemprov Jabar, kata dia, penghematan anggaran sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu atau sebelum ada surat edaran dari Kemenpan RB tentang Kesederhaan dan Penghematan Anggaran.
 
"Saya dapat arahan rapat di hotel tidak boleh dilakukan, kita tidak kaget karena sejak lama tidak rapat di hotel. Kecuali musrenbang, 500 hingga 700 orang tidak bisa tampung sebanyak itu," katanya.
 
Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birorkasi (MenPAN-RB) Yudi Krisnandi mengapresiasi pemangkasan anggaran perjalanan dinas di Pemprov Jawa Barat tersebut.
 
"Karena anggaran perjalanan dinas yang bisa dihemat hingga Rp300 miliaran itu bisa dialihkan untuk hal yang lain yang berkaitan dengan kepentingan rakyat di sektor kesehatan, pendidikan atau pembangunan infrastruktur," kata Yudi.(AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,