Tujuh Rumah di Gunung Kidul Tertimbun Lonsor

Tujuh Rumah di Gunung Kidul Tertimbun Lonsor

Ilustrasi.(Foto:Net)

Gunung Kidul  - Sebanyak tujuh rumah warga dan ruas jalan di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, rusak dan tertimbun tanah akibat longsor yang menimpa di wilayah ini.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul Sutaryono, Jumat (23/1) mengatakan, bencana alam tanah longsor akibat hujan deras yang terus mengguyur wilayah Gedangsari sejak Kamis.

"Akibat hujan deras ini menyebabkan dua desa Hargomulyo dan Desa Mertelu, mengalami tanah longsor paling parah," kata Sutaryono.

Ia mengatakan, di Desa Hargomulyo tercatat ada lima rumah dan jalan yang menghubungkan Hargomulyo dengan Desa Mertelu rusak parah. Sedangkan di Desa Mertelu, ada dua rumah yang mengalami kerusakan parah, akibat lereng bukit dekat rumah yang longsor dan menimpa rumah penduduk.

"Longsor terjadi pada Kamis (22/1) petang menyebabkan beberapa rumah rusak," ucapnya.

Dia mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh BPBD, Desa Hargomulyo, rumah yang rusak berat milik Satiyo (48) di Dusun Ngasinan RT 04 RW 04, rumah Yudiono di Dusun Mangli RT 03 RW 10, Miranto Lakon (47) di Dusun Mangli RT 03 RW 10, Prapto Widodo (59) di Dusun Suruh RT 07 RW 12, Sudiharjo (60) di Dusun Pace A RT 01 RW 02 dan jalan menghubungkan Desa Hargomulyo dengan Desa Mertelu yang terletak di Dusun Jatirejo RT 01 RW 08 mengancam rumah Purwo Siswanto (50).

"Milik Siswanto fondasi tembok rumah bagian samping sebagian sudah ambles," ungkapnya.

Sutaryono menambahkan, di wilayah Desa Mertelu yang mengalami kerusakan cukup berat Sukirno (35) di Dusun Guyangan Lor RT 01 RW 10 dan rumah Yanto Winarso (75) di Dusun Guyangan Kidul RT 01 RW 09.(Ode)**

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,