Senegal Dekati Satu Tempat Perempat Final

Senegal Dekati Satu Tempat Perempat Final

Bek Senegal Kara Mbodji (kanan), melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Afrika Selatan.(Foto:Net)

Mongomo - Senegal semakin mendekati satu tempat di perempat final Piala Afrika setelah bermain imbang 1-1 dengan Afrika Selatan (Afsel) yang membawa mereka memuncaki klasemen Grup C pada Sabtu (24/1/2015) WIB.
 
Gol penyama kedudukan yang dibukukan Kara Mbodji di Estadio de Mongomo membuat Senegal hanya memerlukan hasil imbang pada pertandingan terakhir mereka di fase grup melawan Aljazair, untuk dapat melaju.
 
Bek tengah yang bermain di Belgia itu melompat mengungguli pertahanan untuk melepaskan tandukan keras yang berbuah gol, setelah Afsel sempat unggul terlebih dahulu tepat setelah turun minum melalui Oupa Manyisa.
 
Menyia-nyiakan keunggulan untuk pertandingan kedua secara beruntun membuat Afsel (satu angka) berada dalam bahaya karena hanya menduduki posisi juru kunci namun, seperti seluruh anggota grup lainnya, mereka masih memiliki peluang untuk lolos.
 
Senegal memiliki empat angka, sedangkan Ghana dan Aljazair memiliki tiga angka.
 
"Kami bermain melawan tim yang bagus dan tidak mendapatkan irama yang mungkin kami sukai, namun kami berada dalam posisi untuk mengendalikan nasib kami sendiri," kata pelatih Senegal Alain Giresse.
 
Sibusiso Vilakazi memiliki peluang pertama Afsel pada awal babak pertama, namun tembakannya dapat didorong ke atas mistar gawang oleh kiper Bouna Coundoul.
 
Senegal harus menunggu sampai akhir babak pertama untuk meraih peluang pertama mereka, ketika tendangan sudut mengarah kepada Mame Birame Diouf yang tidak terkawal di tiang belakang, dan ia melepaskan tandukan yang melebar.
 
Tidak lama setelah turun minum, umpan silang dari Anele Ngcongca mengancam pertahanan Senegal dan menuju Manyisa yang tidak terkawal di tiang belakang namun ia tidak mampu memanfaatkan peluang itu.
 
Gol Mbodji tercipta dari tendangan bebas yang diarahkan Pape Dioup tinggi ke udara.
 
"Kami kembali menciptakan lebih banyak peluang daripada lawan kami. Kami tetap memiliki peluang. Kami sekarang memiliki pertandingan yang wajib menang atas Ghana," kata pelatih Afsel Ephraim Mashaba. (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,