Peluang Loeb di Reli Monte Carlo Menipis

Peluang Loeb di Reli Monte Carlo Menipis

Sebastien Loeb.(Foto:Net)

Prancis  - Keinginan Sebastien Loeb untuk meraih gelar juara Reli Monte Carlo kedelapan kalinya, Sabtu (24/1/2015), kelihatannya pudar karena Citroen yang dikendarainya mengalami kerusakan suspensi kiri akibat menabrak batu di permukaan lintasan yang dilapisi es.
 
Juara dunia sembilan kali, Loeb, yang sehari sebelumnya memimpin termasuk pada paruh lintasan, kehilangan waktu sekitar enam menit setelah mengalami insiden pada akhir tahapan itu.
 
Ini menyebabkan juara dunia dua kali, Sebastien Ogier, mengambil alih posisi terdepan setelah menanggulangi defisit waktunya 41 detik, dengan sisa lomba dua hari pada reli kondang yang diadakan untuk ke-83 kalinya itu.
 
Pengemudi Volkswagen itu kini unggul satu menit 45,4 detik dari rekan setimnya Jari-Matti Latvala sedangkan pesaing lain yang memacu Volkswagen, Andreas Mikkelsen, bertengger di tangga ketiga.
 
"Kami bermain agresif dan kami harus melakukannya," kata Loeb, "Saya menabrak batu yang tidak terlalu besar. Tapi akibatnya besar, roda kami pecah." Mantan juara itu berusaha memperbaiki kendaraanya di tepi rute tetapi Citroen itu sudah rusak berat dan terpaksa ditarik pulang.
 
Ogier beruntung dengan kerusahakan kendaraan lawannya, karena hal itu membawanya tampil sebagai pemenang lintasan itu untuk pertama kalinya.
 
"Hari ini merupakan momen paling iistimewa bagi kami," kata Ogier.
 
"Hasil lomba menjadi amat berbeda bagi kami. Masih panjangn perjalanan lomba dan kami akan menghadapi kesulitan lainnya," katanya.
 
"Kami harus bermain amat dan tetap konsentrasi di lintasan sulit dan licin itu," katanya.
 
Loeb berlomba di kejuaraan reli dunia untuk pertama kali dalam 15 bulan ini dan ia menggenjot Cotroen di Monte Carlo merupakan satu-satunya jadwal kegiatan lombanya pada musim 2015 ini.
 
Kemenangan pereli berusia 40 tahun itu di lintasan dengan kondisi dingin sudah tujuh kali antara 2003 hingga 2013.
 
Lomba Jumat merupakan hari nahas bagi Citroen, karena rekan setim Loeb dari Irlandia, Kris Meeke, kehilangan peluang naik podium akibat suspensi mobilnya juga rusak pada trayek khusus hari itu.
 
Pereli Polandia mantan pengemudi Formula Satu, Robert Kubica, yang terkena penalti 10 menit Kamis, juga mengalami musibah karena Ford Fiesta yang dinaikinya mengalami kerusakan di bagian depan dan kehilangan waktu tiga menit. (AY)
.

Categories:Autosport,
Tags:otomotif,