Pemprov DKI Libatkan Polisi Tertibkan Gepeng dan Anjal

Pemprov DKI Libatkan Polisi Tertibkan Gepeng dan Anjal

Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengatasi gelendang dan pengemis (gepeng) serta anak jalanan (anjal). (Foto: Net)

Jakarta – Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengatasi gelendang dan pengemis (gepeng) serta anak jalanan (anjal) di ibukota, tampaknya tidak main-main. Mereka akan memberikan penanganan khusus terhadap para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) tersebut.

Terkait hal itu, Pemprov DKI menandatangani MoU bersama Polda Metro Jaya tentang penegakan hukum terhadap tindak pelanggaran dan tindak kejahatan berkaitan dengan PMKS di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (29/09/2014). Mou tersebut diteken Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono. 

Ahok mengatakan, dengan adanya kerjasama ini pihak kepolisian akan mendukung penertiban PMKS yang selama ini diupayakan pemrov. Sebab itu, bila nanti PMKS yang sudah ditertibkan terus kembali membandel lagi ke Ibukota dan kembali ke jalanan, itu sudah tidak dianggap PMKS lagi tapi langsung dikenakan pidana penipuan.

Sedangkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono mengungkapkan, penertiban akan dilakukan secara intensif melalui 3 pilar seperti Sabhara, Brimob dan Satpol PP. Penertiban PMKS akan dilakukan setiap malam oleh dua kompi personel Polda. Sebagai aksi pertama, pihaknya akan mulai dengan menyisir jalan-jalan utama lalu kemudian perlahan-jalan ke jalan kota atau kabupaten hingga ke kampung. (AY)

.

Categories:Nasional,