Unjuk Rasa Ribuan Petani ke Kantor BPN Berakhir Ricuh

Unjuk Rasa Ribuan Petani ke Kantor BPN Berakhir Ricuh

Para pendemo ricuh saat ingin memaksa masuk ke dalam Gedung Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jabar. (Foto: Tris)

Bandung - Kericuhan terjadi ketika ribuan petani yang tergabung dalam Aliansi Serikat Petani Pasudan Jawa Barat, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Senin sore (29/09/2014).

Para pengunjuk rasa tersebut memaksa merangsek masuk untuk menyampaikan aspirasi  terkait berbagai  permasalahan  sengketa lahan petani,  yang hingga saat belum terselesaikan oleh pihak BPN.Pantauan Cikalnews.com, aksi saling dorong dan lempar botol minuman bekas air mineral dilakukan oleh para pengunjuk rasa kepada petugas kepolisian yang tengah menjaga Kantor BPN tersebut.

Mereka melakukan aksi sambil meneriakkan rasa kekecewaan terhadap kinerja BPN, yang dianggap tidak becus dalam setiap menyelesaikan kasus sengketa tanah milik petani khususnya di daerah Jawa Barat. Arif Budiman, selaku Koordinator Aksi Serikat Petani Pasundan mengatakan,  banyak sekali kasus tanah petani yang belum terselesaikan hingga saat ini. "Ada 17.000 kasus lahan milik petani di Jawa Barat tidak diselesaikan dengan baik oleh BPN Jabar," ujarnya kepada wartawan.Dirinya menjelaskan, setiap didatangi oleh para pengunjuk rasa selalu berjanji akan menyelesaikan, namun hingga saat ini tidak ada satupun yang terealisasikan.

"Belum ada penyelesaian, hanya janji-janji saja," imbuhnya.Menanggapi aksi tersebut, Heryanto Kabid Penyelesaian Sengketa BPN Provinsi Jawa Barat menyangkal, terkait jumlah permasalahan sengketa lahan petani yang belum di selesaikan oleh pihaknya."Tidak sampai 17.000, dalam catatan kami pada tahun 2014 ini hanya ada sekitar 30 kasus sengketa lahan  milik petani yang masuk ke BPN Jabar," paparnya.Sebelum membubarkan diri para pengunjuk rasa tersebut mengancam akan menggelar gelombang aksi yang lebih besar lagi, apabila BPN Jabar terus menerus mengulur-ulur penyelesaian kasus sengketa lahan para petani di Jabar. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,