Asosiasi Pengusaha Peternak Puyuh Dapat Bantuan Pemerintah

Asosiasi Pengusaha Peternak Puyuh Dapat Bantuan Pemerintah

Pegawai Pondok Puyuh. (Foto: Rangga)

Bandung - Asosiasi Pengusaha Peternak Puyuh atau lebih dikenal dengan sebutan Pondok Puyuh Indonesia, tepilih sebagai kelompok usaha tani ternak yang mendapat dana bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM untuk pengembangan pabrik pakan puyuh.

Keberadaan Asosiasi Pondok Puyuh menjadi target tersendiri bagi para pengusaha ternak puyuh untuk lebih berkembang dan maju go global. Asosiasi Pondok Puyuh menaungi beberapa kelompok tani ternak di daerah Kabupaten Sukabumi, di antaranya kelompok Cilangkap, Merak, Parakan Salak, dan Wanita Rahayu.

Terkait keberadaan kelompok tani ternak puyuh di Sukabumi tersebut, sejumlah koperasi yang ada di sana siap menjadi rekanan mendukung program pengembangan pabrik pakan ternak. Di antaranya Koperasi Bangkit Agrobisnis Urang Sukabumi, dan Koperasi Buana Bakti.

Menurut Project Officer Pondok Puyuh Indonesia, R.Gay Suryamin, harga pakan ternak puyuh sekarang terbilang cukup melonjak. Banyak dari petani yang menjerit dan tak melanjutkan usahanya karena harga terus merangkak naik.

“Adanya bantuan untuk pengembangan pabrik pakan puyuh idealnya bisa bermanfaat bagi masyarakat peternak. Petani peternak kecil bisa terbantu karena harga produksi kita relatif jauh lebih murah. Harga pakan ternak yang selama ini terus meroket itu memang bukan murni buatan lokal,” ujar Gay di kantornya, Rabu (01/10/2014).

Modal yang diberikan Kemenkop bisa dibilang lumayan besar sekitar Rp 600 juta. Itu diproyeksi akan digunakan untuk membeli mesin olahan, bahan baku, dan pengembangan usaha ternak puyuh. Sebelumnya Asosiasi Pondok Puyuh melakukan kerjasama dengan bank bjb untuk menyokong dana.

“Dana hibah kan murni bantuan, namun pendistribusian dan pemanfaatannya harus jelas dan terkoodinir. Apalagi melihat sekarang kasus korupsi tumbuh subur di penyaluran dana hibah atau dana bansos. Menghindari adanya sorotan BPK, KPK, kita membuat transparansi dalam penerimaan dan penggunaannya”, cetus Gay.

Menteri Koperasi dan UMKM akan menyerahkan secara simbolik bantuan ini langsung di tempat usaha peternak. Berkat kesuksesan mengelola Yayasan dan Koperasi Pondok Puyuh, poin prestasi, kepercayaan, dan kemitraan diberikan berupa bantuan hibah ke Pondok Puyuh.

“Tidak semua usaha mikro kecil menengah mendapat bantuan ini, mereka disaring dari berbagai syarat, bidang usaha, sumbangsih pada masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan,” kata Gay menutup pembicaraan. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,