Sistem E-Ticketing KAI Akan Integrasi dengan Smarphone

Sistem E-Ticketing KAI Akan Integrasi dengan Smarphone

Ilustrasi Foto : Net

Jakarta  - PT KAI Commuter Jabodetabek (KJC) terus mengembangkan sistem tiket elektronik untuk kereta rel listrik (KRL), yang akan dapat diintegrasikan dengan smartphone dan gelang khusus.

"Jadi tidak perlu pakai kartu, langsung tapping pakai smartphoneuntuk bertransaksi, mulai semester dua tahun ini," kata Direktur Utama KCJ Tri Handoyo di Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Ia mengatakan, teknologi ini akan memudahkan akses para pengguna KRL Jabodetabek yang kini jumlahnya mencapai rata-rata 700.000 per hari.

Dalam pengembangan ini, PT KJC menggandeng perusahaan Jepang Sony FeliCa, yang merupakan produsen kartu tiket elektronik transportasi, kartu identitas dan uang elektronik di berbagai negara.

Melalui kerjasama ini, perangkat tiket elektronik PT KJC akan dapat membaca jenis tipe F yang dibuat oleh Sony FeliCa, yang dapat diintegrasikan dengan smartphone dan gelang khusus.

Perkembangan ini melengkapi kemampuan perangkat e-ticketingPT KJC yang sebelumnya telah mampu membaca jenis kartu dengan chip tipe A dan B.

"Kemampuan menerima seluruh tipe chip ini kedepannya akan memudahkan integrasi antar moda, karena apapun jenis kartu tiket elektronik yang nantinya dikembangkan operator antar transportasi, ataupun institusi lain, akan mampu dibaca perangkat kami," kata Tri Handoyo.

Ia mengatakan KJC akan memiliki salah satu sistem e-ticketingpaling maju di Asia Pasifik. Sistem ini serupa dengan Hong Kong MRT yang mampu mengakomodir berbagai platform dalam satu sistem.

Selain itu, lanjutnya, sistem KJC juga akan dapat menerapkan Mobile NFC e-Wallet sebagai tiket dan alat pembayaran.(Ode)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,