50 Milisi IS Tewas dalam Serangan Jet Tempur Prancis

50 Milisi IS Tewas dalam Serangan Jet Tempur Prancis

Ilustrasi.(Foto:Net)

Paris - Prancis memperkirakan bahwa sekitar 50 milisi kelompok Negara Islam (IS) tewas dan beberapa kendaraan mereka hancur setelah serangan jet tempur selama beberapa hari di Irak, kata sumber militer, Jumat (6/2/2015) WIB.

Kendaraan-kendaraan tersebut dihancurkan dalam sebuah serangan tidak terencana, Rabu, menurut pernyataan resmi operasi minggu lalu tersebut yang dilansir AFP.

Pada Jumat (30/1), saat melakukan misi pengintaian di antara Mosul, Kirkuk dan Baiji, pilot-pilot Prancis melihat sekitar 150 pejuang IS sedang melawan tentara Kurdi.

Masih menurut pernyataan misi tersebut, sekitar 50 orang anggota IS berhasil "dinetralisir", tanpa menjelaskan lebih lanjut apakah pasukan IS tersebut tewas atau terluka.

"Pada hari dan area yang sama, pesawat tempur menyerang anggota IS yang sedang menembak tentara Irak," kata pernyataan resmi itu.

Prancis sendiri melaksanakan "Operasi Chammal" untuk mendukung koalisi antiIS pimpinan Amerika Serikat (AS) pada September.

Prancis memiliki sembilan pesawat tempur jenis "Rafale" dan enam "Mirage" yang beroperasi di Irak dan bermarkas di Yordania serta Uni Emirat Arab. Selain itu Prancis juga mengerahkan patroli maritim dan sebuah pesawat pengisi bahan bakar.

Dalam konferensi persnya pada Kamis (5/2), Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan misi menghancurkan IS berjalan "terlalu lambat" dan berjanji Prancis akan bekerja dengan intensitas yang lebih tinggi. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:isis,